Monelo Digital Agency

Kupas Tuntas Rahasia Konten Media Sosial

Maksimalkan konten media sosial sebagai media pemasaran brandmu, picture by canva.com

Konten merupakan raja di media sosial saat ini karena konten media sosial menjadi hal penting yang harus selalu dijaga. Saat ini media sosial tidak hanya digunakan sebagai suatu platform untuk hiburan. Namun, juga digunakan oleh perusahaan atau bisnis tertentu sebagai media pemasaran yang cukup menjanjikan, sehingga tidak menutup kemungkinan bahwa perusahaan mendapatkan klien melalui pemasaran yang dilakukan di media sosial. Oleh karena itu, perusahaan membutuhkan konten yang tepat untuk memenuhi target pasar dan memenuhi tujuan yang tepat, yaitu menarik klien.

Seperti apa konten yang tepat? Simak ulasannya!

Bagaimana Konten Media Sosial yang Tepat?​

Bagaimana Cara Membuat Konten Media Sosial yang Tepat?

Bagaimana cara membuat konten media sosial yang tepat? picture by canva.com

Untuk menarik perhatian dan membangun kepercayaan target market, Anda harus menciptakan konten yang informatif, menghibur, dan berbeda dengan konten-konten lainnya. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan estetika visual dari konten yang ditampilkan. Yang paling penting, konten tersebut harus relevan dengan brand Anda. Karena konten media sosial tersebut harus bisa menjual brand Anda agar calon klien tertarik dan menaruh rasa percaya pada brand Anda.

Baca juga: Konten Media Sosial Terbaik untuk Bisnis

Informatif

Konten media sosial yang Anda buat harus berisi informasi yang dapat menunjukkan brand expertise Anda. Anda bisa bagikan tips-tips berguna yang dapat diaplikasikan dalam keseharian target market Anda. Contohnya, sebagai bisnis busana wanita, maka target market Anda merupakan remaja hingga dewasa. Anda bisa bagikan tips-tips mengenai cara mix and match antara pakaian yang Anda jual dengan sepatu, perhiasan, dan sebagainya. Atau buat konten video mix-and-match  brand Anda sendiri. Setelahnya, Anda bisa memberikan edukasi mengenai produk yang Anda jual, seperti contohnya perbedaan antara bahan katun dan bahan sutra.

Hiburan

Untuk menghilangkan kesan kaku, Anda dapat membuat konten media sosial yang menghibur. Hal ini juga berguna untuk menjalin komunikasi dan koneksi antara brand Anda dengan audiens yang berpotensi besar menjadi calon klien Anda.

Anda bisa menanggapi komentar-komentar yang dituliskan oleh followers Anda dengan sedikit guyon. Jadilah ‘teman’ mereka. Perhatikan trend yang terjadi dan usahakan untuk selalu up-to-date. Contohnya, buatlah games yang unik dan tidak terlalu sulit, beri hadiah kecil-kecilan sebagai penyemangat. Hal tersebut akan membuat mereka tertarik untuk mengikuti games yang Anda buat. Hal ini dapat berdampak pada kenaikan engagement dari brand Anda. Namun, jangan terlalu berlebihan. Karena nantinya audiens hanya akan follow Anda jika ada imbalan, bukan memang menyukai produk Anda.

Berbeda dari Yang Lain

Untuk berbeda dari yang lain, Anda harus menunjukkan konten yang original dan mencerminkan siapa Anda sebenarnya. Jadi tunjukkan brand personality Anda. Konten-konten yang menarik memang boleh Anda jadikan inspirasi. Namun, tetap pastikan bahwa konten yang Anda buat mampu menunjukan karakter dan persona yang mewakili brand Anda. Buatlah trend Anda sendiri. Singkatnya, cobalah untuk menciptakan sesuatu yang out-of-the-box.

Kesalahan yang Harus Dihindari

Kesalahan dalam Meng-upload Konten Media Sosial

Kesalahan dalam Meng-upload Konten Media Sosial, picture by canva,com

Untuk menghindari adanya kerugian yang dapat ditimbulkan, Anda harus memperhatikan dan menghindari kesalahan-kesalahan berikut.

Hindari Konten yang Tidak Relevan​

Pertama, selalu buat konten yang relevan. Jangan menggunakan konten yang tidak ada hubungannya dengan brand Anda. Misalnya, jika Anda menjual pakaian maka jangan post konten cara merawat hewan atau mengunggah foto-foto hewan peliharaan Anda. Selan itu, jangan tampilkan quotes-quotes yang tidak ada hubungannya dengan brand Anda. Audiens Anda akan bingung dan berpikir bahwa Anda tidak profesional dan serius dalam melaksanakan bisnis.

Foto dengan Kualitas Buruk​

Kedua, postig konten yang berkualitas baik. Jika Anda melakukan pemasaran pada media sosial, maka visual merupakan modal utama yang perlu Anda perhatikan. Karena calon pelanggan Anda tidak bisa melihat produk Anda secara langsung, maka mereka akan membuat keputusan melalui apa yang mereka lihat. Jika foto yang Anda gunakan dalam konten media sosial Anda merupakan foto dengan kualitas buruk, maka calon pelanggan tidak bisa mengetahui dengan jelas akan produk Anda. Jadi, selalu usahakan untuk menggunakan foto dengan kualitas baik agar calon pelanggan Anda percaya dengan brand Anda.

Terlalu ‘Menjual’​

Terakhir, jangan menjual secara berlebihan. Tujuan Anda di media sosial ini memanglah untuk menjual produk/jasa Anda. Namun, jika Anda selalu posting konten media sosial yang berisi hard selling akan terkesan memaksa. Tawarkanlah produk atau jasa yang Anda jual melalui cara halus (soft selling) sehingga followers Anda tidak merasa dipaksa untuk harus menggunakan produk atau jasa Anda. Tawarkan produk tanpa menjual. Berikan konten berupa hiburan, edukasi, hingga social proof. Dengan demikian, followers Anda pun akan mendapatkan sesuatu dari konten yang Anda berikan.

Nah, sekarang Anda sudah mengetaui rahasia konten viral, sekarang saatnya untuk eksekusi! Monelo dapat membantu Anda membuat konten media sosial yang tepat bagi brand Anda untuk menghasilkan konten yang selaras dan mampu meningkatkan sales bisnis Anda.

1 comment

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Views: 1,594
Send Messages
1
Need Help?
Have you read our service? Tell me what you need!