Monelo Digital Agency

Konten Media Sosial Terbaik untuk Bisnis

Konten Media Sosial Terbaik untuk Bisnis Anda

Konten media sosial terbaik untuk bisnis Anda, picture by canva.com

Memiliki media sosial untuk mengembangkan bisnis adalah salah satu aset besar untuk Anda. Media sosial memiliki banyak sekali fitur yang bisa Anda manfaatkan. Bukan hanya sekadar membuat konten yang mempromosikan bisnis Anda, Anda juga bisa memberikan informasi dan pengetahuan pada pengikut Anda melalui konten-konten kreatif. Namun, masih banyak sekali pelaku bisnis yang salah dalam mebuat konten di media sosial sehingga bisnisnya tidak terbantu dengan media sosial.

Jenis Konten Media Sosial Terbaik

Jenis Konten Media Sosial

Jenis konten media sosial, picture by canva.com

Oleh karena itu, ada baiknya Anda memahami lima jenis konten yang efektif dalam mengembangkan bisnis Anda serta bagaimana cara memakainya.

What-Post

Jenis konten ini berisi tentang penjelasan tentang sebuah topik. Biasanya, topik yang dibahas adalah topik yang sedang hangat dibicarakan. Namun, perlu diingat, jangan sampai topik yang dibahas melenceng jauh dari bisnis yang Anda lakukan. Contoh, misalnya Anda memiliki bisnis penerjemah, maka buatlah sebuah konten yang menjelaskan tentang apa itu penerjemah dan batasan maupun ketentuan saat menggunakan jasa seorang penerjemah.

Why-Post

Konten ini berisi tentang pendapat Anda mengenai sebuah permasalahan yang sedang beredar di publik. Sekali lagi, perlu diingat bahwa topik yang dibahas jangan sampai terlalu melenceng dari bisnis yang Anda lakukan. Menggunakan contoh bisnis yang sama, Anda yang memiliki bisnis penerjemahan, bisa membuat sebuah konten seperti mengapa orang-orang butuh jasa penerjemah.

List-Post

Seperti namanya, konten ini berisi poin-poin yang ingin Anda sampaikan pada pengikut Anda. Konten dengan poin ini biasanya sangat disukai oleh pengikut Anda karena lebih mudah untuk dibaca dengan informasi yang sama pentingnya. Contohnya, Anda sebagai pelaku bisnis penerjemahan, membuat sebuah konten berisi 5 hal yang perlu dilakukan sebelum memilih penerjemah yang terpercaya.

How-To Article

Pada konten ini, Anda dapat memasukkan pengetahuan Anda seputar tata cara melakukan sesuatu yang berhubungan dengan bisnis Anda. Contohnya, sebagai pelaku bisnis penerjemahan, Anda membuat tata cara mendapatkan lisensi penerjemah profesional.

Video

Orang-orang cenderung lebih memilih untuk menonton daripada membaca. Dengan begitu, jika Anda membuat konten menggunakan video, Anda bisa menarik perhatian pengikut Anda. Videonya bisa merupakan video singkat mengenai berbagai macam topik menarik tentang bisnis Anda.

Cara Membuat Konten Media Sosial Terbaik

Konten Media Sosial untuk Bisnis Anda

Konten media sosial untuk bisnis Anda, picture by canva.com

Terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk membuat konten media sosial terbaik yang dapat menarik perhatian audiens. Berikut cara membuat konten untuk bisnis Anda.

Konten yang Unik

Untuk membuat konten media sosial, salah satu kuncinya adalah membuat konten yang unik. Konten yang menarik perhatian di media sosial sangat penting untuk menarik perhatian audiens atau target market Anda. Untuk mendapatkan respons positif dari audiens, keih baik ciptakan konten yang unik dan memiliki value tersendiri. Konten tersebut harus relevan dan dapat menunjang kegiatan publikasi bisnis Anda.

Tampilkan Emosi dalam Konten

Penting untuk menciptakan konten yang memiliki emosi, baik itu dalam bentuk teks dengan kata sifat atau video dengan emosi yang kuat, agar audiens merasa relevan dengan informasi yang diberikan. Contoh konten yang sukses menciptakan emosi seperti konten yang mempopulerkan kesehatan mental dengan poin-poin seperti “mencintai diri sendiri sebelum mencintai orang lain” yang terkait dengan fenomena terkini. Selain itu, copywriting dengan kata sifat seperti “mudah” dan “cepat” juga dapat menarik minat audiens untuk membaca dan membagikan konten kepada orang lain.

Buat Konten yang Bersifat "Riding The Wave"

Sesekali Anda bisa membuat konten “riding the wave”. konten yang dibuat berdasarkan tren atau isu yang sedang hangat. Strategi ini memiliki manfaat besar dalam membangun awareness, tetapi diperlukan persiapan dan analisis yang matang, serta tetap fokus pada customer journey. Selain itu, konten yang diunggah harus tetap sesuai dengan karakter dan identitas bisnis Anda. Lalu pastikan gunakan call-to-action yang tepat.

Jaga Kualitas Video dan Gunakan Sound yang Populer

Ketika membuat konten video, selalu pastikan untuk memperhatikan kualitsa audio, Pastikan suara pada konten jernih, bersih, dan tidak adanya noise di sekitar. Jika Anda membuat konten seperti konten Instagram Reels, Tiktok, ataupun YouTube, sangat disarankan untuk melakukan riset terlebih dulu mengenai sound yang akan dipakai. Dengan begitu, konten Anda akan lebih mudah dapat engagement yag lebih banyak 

Unggah Konten Saat Prime Time

Saat memproduksi konten, perlu diperhatikan kapan waktu yang tepat untuk membagikannya di media sosial. Setiap platform memiliki waktu terbaik yang berbeda-beda, sehingga perlu dipelajari kapan waktu yang tepat untuk mengunggah konten yang memiliki performa baik. Misalnya konten yang diunggah pada malam hari cenderung mendapatkan keterlibatan lebih banyak dari audiens  karena banyak pengguna yang sudah istirahat dari aktivitasnya dan mulai aktif di media sosial.

Namun demikian, jenis konten yang Anda hasilkan seharusnya sesuai dengan tujuan yang ingin Anda capai. Terdapat berbagai jenis konten dan cara pembuatannya yang dapat mendukung aktivitas publikasi Anda di media sosial. Sebagai Digital Marketing Agency Jakarta, Monelo hadir untuk memberikan konten media sosial yang menarik dan relevan untuk bisnis Anda.

Post Views: 1,462
Send Messages
1
Need Help?
Have you read our service? Tell me what you need!