Kesalahan Menulis Caption Instagram

Menulis caption Instagram, khususnya bagi para pebisnis adalah salah satu hal penting yang perlu diperhatikan. Caption Instagram biasanya digunakan untuk menjelaskan sekaligus menawarkan suatu produk yang sedang dipromosikan, untuk itu penulisannya juga harus jelas, berisi dan dapat mempengauhi siapa saja yang membacanya agar tertarik dengan produk tersebut kemudian melakukan pembelian. Namun terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam penulisan caption agar pesan yang ingin disampaikan oleh perusahaan Anda kepada para audiens Instagram Anda dapat tersampaikan dengan baik.

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah sebisa mungkin hindari kesalahan-kesalahan dalam penulisan caption. Apa saja kesalahan-kesalahan tersebut? Simak ulasannya beikut ini!

 

 

Tidak menjelaskan produk yang ditawarkan

Hindari penggunaan tulisan yang terlalu panjang karena hal tersebut akan membuat produk yang ingin Anda promosikan menjadi tidak fokus. Penggunaan kalimat yang bertele-tele akan membuat pembaca pusing dan akhirnya mengurungkan niatnya untuk melakukan transaksi produk tersebut. Terlebih lagi jika caption yang ditulis tesebut panjang namun kurang menjelaskan poduk yang ditawakan. Sebaiknya gunakanlah kalimat-kalimat yang efisien namun cukup menjelaskan tentang deskripsi produk tersebut sehingga pembaca Anda dapat mengetahui deskripsi dan informasi dari produk yang ditawarkan. Dengan adanya deskripsi produk yang jelas, maka audiens Instagram Anda menjadi teredukasi akan produk yang ditawarkan tersebut sehingga proses transaksi pun akan berjalan lebih cepat.

 

Tidak memperhatikan ejaan dan tanda baca

Selain harus menghindari caption yang bertele-tele, caption Instagram Anda juga harus meminimalisir kesalahan ejaan dan kesalahan tanda baca. Meski terkesan sepele, namun kesalahan ejaan atau kesalahan penulisan huruf (typo) dapat mempengaruhi reputasi dari brand Anda. Selain itu kesalahan tanda baca juga dapat mempengaruhi isi atau makna dari kalimat tersebut, sehingga pesan yang ingin disampaikan kepada audiens Instagram Anda jadi tidak tersampaikan. Sebaiknya, tulislah caption pada catatan (notes) terlebih dahulu, kemudiam  periksa kembali sebelum Anda memutuskan untuk mengunggahnya di Instagram Anda. Karena jika Anda baru menyadari ada kesalahan penulisan atau kesalahan tanda baca setelah caption Anda diunggah, kemudian Anda mengeditnya kembal, hal tersebut akan mempengaruhi algoritma pada postingan tersebut.


Mencantumkan tautan

Kesalahan penulisan caption Instagram selanjutnya yaitu mencantumkan tautan (link) pada caption. Kenapa? Karena hal tersebut bisa dibilang perbuatan sia-sia karena tautan tersebut tidak bisa diklik dan pembaca pun tidak bisa menyalin tautan tersebut dari caption Anda. Mencantumkan tautan pada caption Instagram merupakan kesalahan yang masih banyak ditemukan dimana-mana, namun pastikan kesalahan ini tidak terjadi pada Instagram bisnis Anda. Hal yang dapat Anda lakukan jika ingin mencantumkan tautan adalah dengan mencantumkannya pada fitur Story. Caranya adalah buka fitur Story di Instagram Anda, kemudian masukakn foto yang ingin diunggah, kemudian masukkan link dengan cara mengklik logo link yang ada di bagian atas, kemudian masukkan kode tautan, dan post.

 

Terlalu singkat

Jika sebelumnya kesalahan yang pertama dalam menulis caption Instagram adalah terlalu bertele-tele, kesalahan berikutnya adalah menulisnya dengan terlalu singkat. Contohnya dalam sebuah postingan, Anda hanya mencantumkan harga dari produknya saja sehingga tidak ada informasi lain yang bisa di dapatkan oleh pembaca. Akibatnya para pembaca pun menjadi enggan untuk melaukan transaksi terhadap produk tersebut. Sebaiknya, cantumkan deskripsi produk secara lengkap, mulai dari harga, ukuran, varian, dan juga kontak. Anda bisa menambahkan informasi lainnya sesuai kebutuhan.

 

Penggunaan tagar (hashtag) yang tidak tepat

Hal terakhir yang perlu Anda perhatikan dalam menulis caption Instagram adalah penggunaan tagar (hashtag). Tagar merupakan kombinasi antara huruf dan angka yang dalam penulisannya diawali dengan simbol #. Dilansir dari Hootsuite, tagar atau hashtag adalah cara untuk memperluas audiens Instagram. Saat kita menggunakan hashtag untuk feed dan story, maka postingan kita akan muncul di halaman untuk hashtag itu. Hashtag bisa diklik. Jika diklik atau melakukan pencarian hashtag di opsi search, maka Instagram akan menampilkan semua postingan yang diberi hashtag tersebut. Untuk itu, Anda harus mencantumkan hashtag yang tepat dan sesuai dengan produk Anda. Contohnya, jika Anda berjualan makanan, gunakanlah hashtag yang berhubungan dengan makanan. Penggunaan hashtag yang tidak sesuai dengan produk Anda akan membuat produk Anda akan lebih sulit diketahui oleh target market Anda.

Setelah mengetahui 5 hal yang harus dihindari saat menulis caption Instagram, jangkauan produk Anda berpeluang untuk diketahui orang lebih banyak dan lebih luas lagi. Namun, jika Anda masih merasa kesulitan atau terlalu sibuk untuk memikirkan tentang caption, Anda bisa menyerahkannya pada tim Monelo.id. Tim kami secara profesional akan dengan senang hati membantu Instagram bisnis Anda berkembang dan makin melesat. Segera hubungi Monelo di WhatsApp +6285887582702 atau email di monelosmm@gmail.com bisa juga kunjungi website Monelo di http://monelo.id/.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Post Views: 212