Maksimalkan Instagram Dengan Instagram SEO

Sebagai seorang pengusaha yang melebarkan sayapnya di Instagram, tentu hal pertama yang diinginkan adalah brand awareness yang merata sehingga produknya dapat dikenal oleh banyak orang. Untuk itu perlu penanganan yang tepat agar brand awareness yang dilakukan hasilnya maksimal. Salah satunya adalah dengan cara memanfaatkan SEO pada Instagram. Meskipun optimasi SEO umumnya lebih sering digunakan untuk website, tapi ternyata hal itu juga bisa diterapkan pada Instagram.

Apa saja keuntungan menerapkan SEO pada Instagram?

Meningkatkan Traffic
Cara kerja SEO sebenarnya adalah meningkatkan traffic secara organik. Ada dua jenis search engine yang perlu Anda perhatikan saat mengerjakan SEO, yaitu Instargam itu sendiri yang berguna sebagai internal search dan external search seperti Google. Pengoptimalan internal lebih berfokus pada fitur khusus Instagram seperti tagar dan nama pengguna, sedangkan SEO eksternal didasarkan pada pengoptimalan teks pada postingan dan profil Anda.

Brand Dikenal dengan Baik (Brand Recognition)
Maksud dari poin kedua ini adalah tentang seberapa mudah orang dapat mengidentifikasi brand Anda saat disajikan dengan visual yang relevan. Karena Instagram pada dasarnya merupakan platform visual, hal ini menjadi salah satu alat yang paling berguna untuk meningkatkan pengenalan brand Anda. sebagai contoh, jika seseorang melihat sebuah warna merah dan kuning, kemudian ada huruf M ditengahnya, mereka akan langsung mengenali bahwa produk tersebut adalah dari McDonalds.

Brand Awareness
Brand awareness sangat erat kaitannya dengan brand recognition, tetapi ada perbedaan yang halus. Jika brand recognition didasarkan pada seberapa mudah seseorang dapat mengenali brand Anda hanya berdasarkan visual, brand awareness berkaitan dengan bagaimana audiens Anda mengaitkan segala jenis stimulus dengan brand Anda.

Lalu apa saja kiat-kiat yang bisa dilakukan dalam rangka mengoptimasi SEO pada Instagram bisnis kita? Simak penjelasannya berikut ini!

Optimalkan Profil

Dilansir dari Hubspot, mengoptimalkan profil Instagram dapat menaikkan reach dan traffic Instagram.

Berikut beberapa trik untuk mengoptimalkan profil Instagram Anda:

  • Profil Instagram harus bisa diakses oleh publik.
  • Pilih foto profil yang menarik, penuh warna, dan tetap sesuai dengan identitas brand.
  • Buat nama pengguna atau display name yang mudah dikenali dan dicari.
  • Buat akun bisnis Instagram.
  • Sertakan link yang relevan pada bio.

Baca juga: Link on Bio di Instagram, Perlu Nggak Sih?

Pastikan semua aspek sudah terpenuhi, meski terlihat sepele, namun tiap detilnya berguna saat pengoptimalan SEO.

Sertakan Kata Kunci Utama

Kata kunci atau keyword, dilansir dari Yoast merupakan adalah kata yang paling tepat menggambarkan konten pada halaman atau posting Anda. Kata-kata inilah yang disimpan dan dipakai oleh mesin pencari untuk menganalisa akan kebutuhan pengguna internet. Jadi, kata kunci juga adalah kata-kata umum yang dipikirkan manusia saat mereka memerlukan sesuatu.

Dalam Instagram, untuk menampilkan istilah yang benar di bilah pencarian, Anda harus bekerja di dalam aplikasi itu sendiri untuk mendapatkan posisi teratas pencarian yang diinginkan, karena Instagram merupakan mesin pencari mandiri. Tentukanlah satu kaca kunci utama Anda, kemudian gunakan kata kunci tersebut pada username dan nama tampilan Anda.

Misalnya, jika Anda berjualan cookies, Anda bisa menggunakan username @cookies.manies kemudian tulis pada nama tampilan Anda Cookies Coklat Murah. Dengan begitu, saat orang-orang sedang mencari kata kunci tersebut, Instagram Anda akan muncul di halaman rekomendasi pencarian karena username dan nama tampilan Instagram Anda mengandung kata kunci yang dicari.

Tulis Kata Kunci Sekunder

Setelah Anda menangani kata kunci utama Anda, sekarang saatnya untuk mendapatkan hasil maksimal dari kata kunci sekunder Anda. Kata kunci sekunder adalah frasa dan topik yang mendampingi kata kunci utama Anda. Jika kata kunci utama Anda adalah “Cookies” maka kata kunci sekunder yang bisa Anda gunakan antaralain: “Coklat Cookies”, “Kue Kering”, dan kata kunci lain yang masih berhubungan dengan kata kunci utama Anda.

Kata kunci sekunder sangat cocok untuk menangkap orang yang mungkin tidak menelusuri kata kunci utama Anda tetapi mungkin masih tertarik dengan produk Anda. Seseorang yang mencari ‘aneka kue lebaran’ mungkin akan memutuskan untuk mengikuti akun Instagram Anda jika mereka menemukannya dalam pencarian karena masih cocok dengan maksud pencarian mereka.

Perhatikan Tagar (Hashtag)

Setelah Anda mengoptimalkan profil Anda, inilah saatnya untuk mengoptimalkan posting Anda. Ini adalah proses berkelanjutan yang membutuhkan perhatian khusus. Sebagian besar pengguna tidak akan mencari Anda secara langsung. Mereka kemungkinan akan menemukan Anda melalui hashtag di pos tertentu. Itulah mengapa setiap postingan Instagram Anda harus memiliki strategi tagar sendiri. Anda harus memperlakukan tagar ini seperti kata kunci sekunder.

Dengan menyertakan berbagai hashtag secara spesifik, Anda berkesempatan untuk meningkatkan peluang untuk menarik audiens yang lebih luas dan lebih beragam, kuncinya adalah variasi, dan relevansi.

Mengapa penggunaan tagar itu penting?

Tagar atau hashtag pada dasarnya adalah proses penyortiran Instagram. Dengan sekitar 95 juta foto diposting di Instagram setiap hari, sulit bagi Instagram untuk mengirimkan konten yang tepat secara efisien kepada orang yang tepat. Tagar membantu postingan Anda ditemukan oleh penonton yang paling tertarik untuk melihatnya. Menurut Krystal Gillespie dikutip dari Blog Hubsot hashtag itu seperti corong. Misalnya, #marketing sangat luas dan menarik semua jenis postingan, sedangkan #digitalmarketing atau #marketingmotivation memberi kami jangkauan yang lebih spesifik dan bertarget.

Tulis Kata Kunci Sekunder Pada Caption

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa Instagram adalah mesin pencari mandiri, yang berarti setiap bagian dari pencarian di Instagram Anda harus difokuskan pada kata kunci. Membuat teks yang menarik sangat penting untuk menarik followers baru sekaligus  followers yang sudah ada.

Dengan cara yang sama, Anda harus mengoptimalkan bio dan tagar Anda dengan kata kunci sekunder, Anda juga harus melakukan hal yang sama untuk caption Instagram Anda. Hal ini membantu membuat gambaran lengkap untuk algoritma Instagram dan memberi tahu bahwa Anda harus mendapat peringkat tinggi dalam pencarian mereka untuk kata kunci-kata kunci itu.

Dikuti dari Later, caption merupakan peluang besar untuk membangun hubungan yang lebih kuat dengan audiens Anda. selain itu, caption juga merupakan suatu alat ampuh yang dapat digunakan untuk mendorong likes, komentar, dan bahkan kunjungan ke situs web Anda. Bahkan jika postingan Anda mendapat cukup engagement, mungkin akan masuk pada explore page.

Nah, itu tadi adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk optimasi SEO pada Instagram. Anda juga perlu ingat untuk selalu menghindari teknik yang ilegal dan melanggar aturan. Misalnya, dengan menggunakan bot, mencuri konten, atau bahkan membeli followers.

Baca juga: Apa yang Akan Terjadi Kalau Terlanjur Beli Followers?

SEO mungkin biasanya memang digunakan untuk pengoptimalan situs web, tetapi tidak berarti Anda tidak dapat menggunakan apa yang telah Anda pelajari untuk media sosial. Ikuti kiat-kiat ini dan ubah kehadiran Instagram Anda dengan cara yang mengutamakan pengguna sekaligus membangun jangkauan Anda. Informasi terkait SEO dan optimasi Instagram dan website dapat Anda diskusikan bersama Monelo.id melalui WhatsApp di +6285887582702 atau melalui email: monelosmm@gmail.com

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Post Views: 183