Begini Cara Tentukan Target Market yang Tepat

Dalam dunia bisnis, baik itu bisnis besar seperti B2B maupun bisnis kecil seperti UMKM, Anda harus mengetahui target market Anda secara tepat. Mengapa hal itu menjadi penting? Karena jika Anda tidak mengetahui target market Anda secara benar, Anda akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan nilai dan keuntungan yang besar yang berasal dari potensi terbesar Anda. Selain itu, Anda juga akan berpotensi menghabiskan lebih banyak budget dari yang seharusnya karena Anda tidak memiliki fokus yang tepat sehingga pengeluarannya pun menjadi tidak terkontrol. Menentukan target market yang tepat bertujuan untuk mengarahkan kegiatan pemasaran ke kelompok konsumen tertentu, menentukan media promosi yang tepat, penetapan harga, dan tentunya memudahkan proses distribusi produk.

Apa itu target market?

Dilansir dari Hootsuite target market atau target audiens adalah kelompok orang tertentu yang ingin Anda jangkau dengan social channel Anda. Mereka adalah orang-orang yang paling mungkin tertarik dengan konten, produk, atau layanan Anda. Mereka kemungkinan disatukan oleh beberapa karakteristik umum, seperti demografi dan perilaku. Umumnya target market akan memiliki karakteristik yang sama baik dari sisi kebiasaan, demografi, dan lainnya.

Target makret juga bisa dibilang sebagai suatu upaya atau sebuah kegiatan untuk mengelompokkan masyarakat berdasarkan segmentasi mereka. Dari segmentasi ini, Anda dapat mengolah data yang diperoleh dan menentukan segmen manakah yang paling cocok dengan karakteristik bisnis yang sedang Anda jalani. Saat Anda sedang mengembangkan definisi target Anda, Anda bisa mulai dengan kategori luas seperti milenial atau para orang tua.

Baca juga: Apa Itu Call To Action?

Bagaimana Caranya Menemukan Target Market yang Tepat?

Dengan cara Anda mengidentifikasi target pasar bisnis Anda terlebih dahulu, Anda dapat melayani dan melakukan promosi dan memasang iklan secara langsung kepada pelanggan Anda yang sebenarnya. Dilansir dari Dummies untuk mengidentifikasi target pasar Anda, pertama-tama Anda harus menjawab pertanyaan-pertanyaan ini:

Apa yang Anda jual, dan apa yang membuatnya begitu unik?
Misalnya, apa yang membuat produk Anda berbeda dari yang dapat dibeli orang dari jaringan ritel besar lainnya?

Kepada siapa Anda ingin menjualnya?
Apakah Anda menjual kepada orang tua? Untuk pensiunan? Remaja? Anak-anak? Atau untuk orang-orang yang peduli lingkungan?

Mengapa orang harus membeli produk atau layanan dari Anda?
Apakah Anda buka sangat larut malam sehingga pelanggan yang bekerja berjam-jam bisa mampir ke toko Anda? Apakah Anda menawarkan pengiriman barang besar secara gratis sehingga pelanggan yang datang tidak perlu membawa pulang produk Anda?

Baca juga: Kupas Tuntas Rahasia Konten Viral

Ketika Anda memiliki jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini, Anda harus melakukan dua hal ini, yaitu:

Fokus Pada Pasar Utama Anda

Banyak pemilik bisnis terjebak dalam keyakinan bahwa produk atau layanan mereka “untuk semua orang” yaitu, siapa pun akan tertarik atau membutuhkan produk tersebut. Tetapi bahkan jika bisnis Anda menarik bagi pasar yang luas dengan konsumen yang beragam, Anda perlu mengidentifikasi siapa konsumen ideal Anda. Setelah Anda mengidentifikasi pasar utama Anda, iklan Anda harus sesuai dengan fokus tersebut.

Teliti Pasar Anda

Mengetahui audiens target Anda sangat penting: Iklan Anda tidak akan berfungsi jika tidak sesuai dengan keinginan atau kebutuhan calon pelanggan Anda. Teliti dan cari tahu sebanyak mungkin tentang orang yang ingin Anda jual.

Pilih Demografi Spesifik Untuk Ditargetkan

Cari tahu tidak hanya siapa yang membutuhkan produk atau layanan Anda, tetapi juga siapa yang kemungkinan besar akan membelinya. Demografi adalah segala sesuatu yang terkait dengan dinamika penduduk. Hal ini meliputi jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan, dan lainnya. Jika Anda telah mengetahui demografi dari calon pembeli produk atau jasa yang Anda jual, tentu Anda akan mengetahui seberapa besar target pasar Anda dan pendekatan pemasaran apa yang paling tepat Anda lakukan.

Berikut ini faktor-faktor penting yang Anda perhatikan:

  • Usia
  • Lokasi
  • Jenis kelamin
  • Tingkat Pendapatan
  • Tingkat Pendidikan
  • Status pernikahan atau keluarga
  • Pendudukan

Dari data demografik seperti diatas Anda akan mengetahui apakah produk atau brand yang Anda pasarkan cocok dengan klasifikasi di atas. Dengan begitu Anda akan lebih fokus dalam melakukan pemasaran tepat pada sasaran yang dituju.

Penargetan Secara Geografik

Kali ini merupakan pengelompokkan target market berdasarkan lokasi atau wilayah. Adapun hal-hal yang perlu Anda perhatikan antaralain:

  • Lingkungan
  • Kode pos
  • Kode area
  • Kota
  • Provinsi
  • Wilayah

Pengelompokan ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan para target market di masing-masing wilayah. Karena di setiap wilayah memiliki kebutuhan yang berbeda, jadi dengan Anda memiliki data tersebut diharapkan produk atau jasa yang Anda tawarkan cocok untuk karakteristik serta letak geografis mereka. Contohnya seperti penjualan makanan angkringan pastinya akan lebih laris di daerah atau wilayah yang memiliki cuaca dingin.

Setelah mengetahui cara menentukan target market yang tepat, diharapkan Anda dan perusahaan Anda akan menemukannya dengan tepat. Memang butuh waktu yang tidak sebentar dan percobaan yang tidak sedikit pula, namun cepat atau lambat Anda akan menemukan ‘kunci’ tersebut dan membuka jalan kesuksesan Anda sendiri.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Post Views: 169