Monelo Digital Agency

Panduan Maintenance Website: Cara Menjaga Situs Anda Berjalan Lancar

Optimalisasi Website Anda dengan Website Maintenance.

Optimalisasi website Anda dengan website maintenance., picture by canva.com

Saat ini website dimanfaatkan oleh banyak pebisnis. Manfaat website paling utama sebagai penyedia informasi terkait produk dan layanan. Website pun dapat difungsikan untuk proses transaksi dan interaksi antara pemilik bisnis dan pelanggan. Untuk menjaga kinerjanya, Anda memerlukan maintenance website.

Namun, selain berfungsi sebagai salah satu platform untuk sales, website juga bisa meningkatkan branding atau karakteristik bisnis, meningkatkan kepercayaan atau kredibilitas, menggapai pelanggan potensial, hingga mengumpulkan data yang nantinya dapat digunakan untuk analisis bisnis. 

Website menjadi satu bagian penting dari jalannya bisnis online, blog, hingga situs pribadi. Maintenance website berarti menjaga pusat informasi bisnis dan platform komunikasi dengan pengunjung atau pelanggan. Website yang dipelihara dengan baik akan memperlancar fungsional dari website serta menghindari masalah teknis yang kemungkinan bisa terjadi. Oleh karena itu, panduan maintenance website sangat dibutuhkan.

Baca juga: Manfaatkan Layanan Website Management Profesional dari Monelo

Panduan Maintenance Website

Berikut panduan maintenance website agar situs Anda berjalan dengan lancar:

Rutin Update Konten Pada Website ​

Maintenance Website Bisa Dilakukan dengan Rutin Update Konten

Maintenance website bisa dilakukan dengan rutin update konten, picture by canva.com

Pertama, rajin unggah konten. Pentingnya untuk menjaga konten yang up-to-date sehingga terlihat segar atau fresh. Hal ini dapat menarik pengunjung untuk kembali ke website Anda. Anda dapat meng-update konten yang relevan, berkualitas, dan sesuai dengan bisnis Anda maupun menyesuaikan dengan apa yang sedang terjadi.  Jangan lupa terus memperbarui informasi terkait bisnis Anda. Pastikan semua informasi terbaru mengenai bisnis Anda terupdate pula pada website bisnis. 

Periksa Keamanan Website​

Cek Keamanan Maintenance Website Secara Berkala

Cek keamanan maintenance website secara berkala, picture by canva.com

Kedua, keamanan dari situs web harus diperiksa secara berkala. Sama halnya dengan controlling bisnis yang sedang Anda jalankan, adanya kontrol akan keamanan website menjadi suatu keharusan yang mesti dijalankan rutin agar situs Anda berjalan dengan lancar. Dalam hal ini Anda dapat menggunakan layanan keamanan online dan plugin keamanan. Plugin dan layanan kamanan online mempunyai keunggulan dan kelemahannya sendiri, tetapi sebaiknya Anda tetap menggunakannya untuk menjamin keamanan website Anda. 

Bakcup Website​

Backup Data Saat Maintenance Website Secara Teratur

Backup data saat maintenance website secara teratur, picture by canva.com

Selain dari memeriksa keamanan, backup website wajib untuk Anda lakukan. Agar data dan informasi Anda aman, maka lakukan backup secara teratur. Hal ini dikarenakan kehilangan hingga kerusakan data dapat terjadi sewaktu-waktu. Sama halnya dengan menjaga keamanan website. Dalam memelihara website gunakan plugin atau layanan backup online. 

Periksa Kecepatan Website ​

Lakukan Pengecekan Kecepatan Situs Saat Maintenance Website

Lakukan pengecekan kecepatan situs saat maintenance website, picture by canva.com

Setelah aman dan ter-backup, tingkatkan kenyamanan pengguna dengan memeriksa kecepatan pada website Anda. Anda dapat menggunakan tools seperti Google Pagespeed Insights atau Lighthouse. Selain menggunakan tools tersebut, pastikan pula kinerja di berbagai lokasi perangkat. Lakukan pengecekan secara berkala dan lakukan antisipasi secepatnya apabila terjadi masalah.

Periksa Tautan Website​

Pengecekan Tautan Saat Maintenance Website

Pengecekan tautan saat maintenance website, picture by canva.com

Salah satu tahapan dalam menjaga situs web pun yakni dengan memeriksa tautan yang terdapat pada website. Pastikan tautan internal dan eksternal mengarah ke halaman yang benar. 

Ketersediaan Domain dan Hosting ​

Cek Domain dan Hosting Saat Maintenance Website

Cek domain dan hosting saat maintenance website, picture by canva.com

Pastikan pula domain dan hosting website Anda bekerja dengan baik, serta pantau ketersediaan kapasitas pada disc atau ruangan penyimpanan. 

Tetap Perbarui CMS (Content Management System) dan Plugin ​

Perbarui CMS dan Plugin Saat Maintenance Website

Perbarui CMS dan plugin saat maintenance website, picture by canva.com

Jagalah keamanan website dengan selalu memperbarui CMS dan plug. Hal ini agar terhindar dari peretasan atau penyalahgunaan website dari orang yang tidak bertanggung jawab. Website aman maka situs Anda berjalan dengan lancar. 

Dengan demikian, sebagai elemen penting dalam bisnis, website berfungsi sebagai media penyedia informasi, interaksi, hingga transaksi antara bisnis Anda dengan konsumen. Dengan memperhatikan dan memperlancar fungsional dari website, Monelo menawarkan solusi praktis agar website Anda dapat terus berfungsi secara maksimal.

Post Views: 1,048
Send Messages
1
Need Help?
Have you read our service? Tell me what you need!