Monelo Digital Agency

Kerugian Berjualan Offline di Era Digital

Keruigan Berjualan Offline di Era Digital

Kerugian berjualan offline di era digital, pictre by canva.com

Di era serba digital ini, berjualan offline dinilai lebih merugikan daripada berjualan online. Namun, masih tetap ada banyak seller yang memilih untuk berjualan offline. Hal ini tentunya sudah melalui berbagai pertimbangan dan alasan kuat di baliknya. Sebaiknya agar terhindar dari rasa kecewa, Anda harus mengenali terlebih dulu kelebihan dan kekurangan dari masing-masing metode. Apalagi jangan sampai Anda mengalami kerugian berjualan offline hanya karena kesalahan memilih strategi bisnis yang tepat.

Kerugian Berjualan Offline

Kerugian Berjualan Offline

Kerugian berjualan offline, picture by canva.com

Dikatakan sebagai bisnis yang terlihat lebih menjanjikan karena bisnis online didukung oleh perilaku masyarakat masa kini yang lebih mengutamakan kemudahan di dunia digital. Namun, jika Anda masih lebih memilih berjualan secara offline, maka Anda harus ketahui beberapa kekurangan yang justru dapat menyebabkan kerugian berjualan offline.

Jangkauan Pasar yang Terbatas

Bisnis secara offline biasanya jangkauannya hanya berasal dari area di sekitar toko saja. Jika memilih toko ditempat yang tidak strategis tentu saja jangkauan yang tertarget akan sangat berkurang. Sementara itu, bisnis online dapat dijangkau oleh banyak orang dan tidak terbatas sehingga Anda dapat memasarkan produk atau jasa kepada audiens di manapun mereka berada bahkan sampai ke luar negeri.

Modal yang Besar

Memulai suatu usaha offline memiliki berbagai macam modal sehingga modal yang Anda perlukan tentunya terbilang besar. Mulai dari biaya sewa tempat, gaji karyawan, beli peralatan pendukung, dan lain sebagainya agar dipersiapkan dengan matang dan sempurna. Maka pastikan Anda memiliki modal yang cukup untuk memenuhi syarat-syarat pembukaan bisnis offline tersebut.

Terbatasnya Jam Operasional

Bisnis online menawarkan kemudahan bagi para pembeli maupun penjual. Pihak penjual bisa melakukan bisnis online di manapun dan kapanpun sehingga tidak memiliki batasan waktu. Biasanya, toko offline biasanya beroperasi 10-12 jam/hari, sedangkan bisnis online bisa dilakukan 24 jam. Sehingga bisnis online ini bisa tetap melakukan aktivitas kapan pun bahkan hingga dini hari.

Butuh Toko Fisik

Berjualan offline memerlukan toko fisik untuk berjualan yang memerlukan modal dan tenaga lebih besar untuk membeli atau menyewa tempat serta pemeliharaannya. Selain itu, ada berbagai kebutuhan lain yang harus dicukupi di toko fisik tersebut, sehingga memerlukan budgeting yang tepat. Pemilihan lokasi toko juga harus dipertimbangkan secara cermat agar dapat bersaing dengan lebih mudah.

Biaya Sewa

Biaya sewa toko adalah salah satu kerugian berjualan offline. Besaran biaya tersebut bergantung pada lokasi dan luas tempat yang disewa. Selain itu, biaya sewa juga dapat bervariasi tergantung pada lokasi, seperti dekat pemukiman penduduk atau di dekat sawah. Oleh karena itu, selain memilih toko yang sesuai dengan fasilitas dan lokasi, Anda juga harus mempertimbangkan ketersediaan akses bagi pembeli.

Butuh Karyawan

Ketika berjualan secara offline, Anda harus mempekerjakan karyawan yang dapat membantu dalam menjalankan bisnis Anda. Ini berarti Anda harus mengeluarkan biaya untuk memberikan gaji atau bayaran kepada karyawan Anda serta biaya untuk pengembangan pengetahuan dan tugas-tugas karyawan.

Biaya Perawatan Aset Toko

Jika Anda berjualan secara offline, Anda memerlukan toko fisik untuk berjualan. Ini artinya Anda pun perlu memikirkan perawatan aset, seperti pengecatan ulang, perbaikan alat, dan lain-lain. Semua ini membutuhkan biaya yang cukup besar. Berbeda dengan toko online yang tidak memerlukan biaya perawatan aset yang tinggi.

Keuntungan Berjualan Online

Keuntungan Berjualan Online di Balik Kerugian Berjualan Offline

Keuntungan berjualan online di balik kerugian berjualan offline, picture by canva.com

Add Your Heading Text Here

Sebagai pelaku bisnis, pastinya kamu sulit memutuskan untuk membuka usaha offline ataupun online agar bisnis kamu semakin berkembang. Berjualan online memiliki banyak keuntungan dibandingkan dengan berjualan offline. Anda tidak perlu memikirkan biaya sewa atau perawatan aset, tidak memerlukan karyawan, dan tidak terbatas oleh batasan geografis. Selain itu, Anda dapat menjangkau lebih banyak calon pembeli secara online dan dapat menghemat biaya operasional secara signifikan.

Jika Anda tertarik untuk membuka bisnis online dan membutuhkan strategi marketing yang tepat, Monelo bisa menjadi solusinya. Kami menyediakan layanan brand activation, brand identity, business legality, dan pembuatan website yang dapat membantu meningkatkan awareness, engagement, dan conversion bisnis Anda. Dapatkan bantuan dari Monelo untuk membangun bisnis online impian Anda.

Post Views: 1,469
Send Messages
1
Need Help?
Have you read our service? Tell me what you need!