Social media sudah berperan sangat penting bagi suatu bisnis. Mulai dari usaha kecil sampai besar pasti sudah menggunakan media sosial sebagai media komunikasi dan promosi. Namun, apakah kinerja dari social media mereka berhasil dan efektif? Audit media sosial adalah jawabannya. Tidak hanya masalah finansial, Anda juga bisa mengaudit media sosial brand Anda. Audit media sosial digunakan untuk melihat apakah strategi media sosial yang sudah dijalankan sukses sebagai alat pemasaran atau tidak. Lalu, bagaimana caranya?
Mungkin kata audit mempunyai kesan menakutkan bagi sebagian orang, tetapi audit yang dimaksud hanyalah proses pengumpulan informasi dari semua akun media sosial Anda. Proses ini kemudian berfungsi untuk membuat gambaran mengenai kinerja media sosial bisnis Anda saat ini dan bagaimana cara meningkatkannya.
Terdapat beberapa cara dalam mengaudit media sosial bisnis Anda, seperti:
Anda mungkin memiliki akun media sosial yang tidak terkelola. Cari nama brand Anda untuk menemukan akun-akun ini dan tangani akun-akun yang mengaku sebagai Anda. Pastikan akun yang diaudit milik bisnis Anda, lalu buat daftar semua akun platform media sosial Anda.
Setelah buat daftar akun, periksa platform dan sesuaikan gambar profil, nama, warna, dan cover foto yang sesuai. Audit ini memakan waktu, tetapi penting untuk mengekspresikan brand Anda secara konsisten di seluruh platform. Tujuannya adalah untuk menciptakan tampilan dan konten seragam yang membangun kepercayaan audiens Anda.
Temukan postingan dengan engagement terbanyak untuk mengetahui strategi yang efektif. Gunakan alat analisis pada masing-masing platform sosial atau Hootsuite untuk mempermudah proses. Perhatikan tren yang populer, seperti konten, video, gambar, kontes, dan penjualan.
Anda bisa bandingkan hasil analsisi dengan periode yang sama dengan sebelumnya untuk melihat variasi musiman dan aktivitas tak biasa. Analisis ini akan membantu Anda menentukan perbaikan yang diperlukan untuk stategi media sosial Anda di masa depan.
Cari tahu ROI dari kampanye, iklan, dan strategi pemasaran berbayar di media sosial. Ukur pengeluaran Anda versus hasil yang didapat untuk menentukan apakah menguntungkan dan sepadan. Gunakan alat analitik seperti Hootsuite untuk membantu menghitung ROI dengan cepat.
Kenali demografi audiens Anda. Setiap platform media sosial menarik demografi tertentu, seperti Snapchat untuk generasi muda dan LinkedIn untuk profesional. Tentukan platform yang paling cocok untuk menjangkau audiens target Anda.
Pilih platform media sosial yang tepat untuk bisnis Anda. Setelah audit, pertahankan platform yang berhasil dan pertimbangkan platform baru. Tetapkan KPI pemasaran untuk mengukur efektivitas dan keberhasilan kampanye di setiap platform.
Ambil kepemilikan akun media sosial Anda. Perbarui pemilik dan kata sandi di semua platform. Beri akses hanya kepada anggota tim yang terpercaya dan pertimbangkan penggunaan pengelola kata sandi untuk mengontrol akses.
Ulangi proses audit secara teratur. Atur jadwal dan pantau kehadiran, aktivitas, dan hasil media sosial Anda. Fokus pada akun yang memberikan ROI terbaik.
Dalam melakukan promosi dan komunikasi dalam social media, audit adalah hal yang penting untuk suatu usaha karena dapat mengetahui tingkat keberhasilan usaha anda di dunia social media. Dari audit social media, anda dapat mengetahui apa saja aktivitas yang dilakukan selama seminggu atau sebulan terakhir, bagaimana hasilnya, siapa saja yang terlibat di dalam engagement, serta analisis kesuksesan iklan Anda.
Audit social media ini sangat penting untuk memastikan segala usaha Anda di media sosial untuk pemasaran benar-benar membawa hasil. Ingatlah untuk segera menerapkan hasil audit social media dan hasil Anda di masa mendatang harus menjadi dasar dari audit berikutnya.