Monelo Digital Agency

5 Hal Ini Harus Ada di Packaging Produk

hal yang perlu diperhatikan dalam membuat kemasan pada produk

Dalam industri bisnis, persaingan makin hari makin terasa berat. Kita dituntut untuk selalu memberikan ide atau inovasi baru yang unik dan original agar produk yang ditawarkan dapat memkat hati calon pelanggan. Salah satu cara yang terbukti sangat ampuh dalam memikat pelanggan yaitu dengan cara ‘memainkan’ packaging produk yang Anda tawarkan. Sebuah packaging diibaratkan sebuah judul pada novel, tertarik  atau tidaknya pelanggan ditentukan oleh packaging yang Anda miliki. Tentu hal tersebut memang bukan menjadi faktor utama dan satu-satunya dalam menarik konsumen, namun cara tersebut terbukti ampuh dalam menjaring konsumen.

Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Bo Rundh dalam literatur How Packaging Is Influencing the Marketing Strategy, kemasan dapat mempengaruhi dan menarik perhatian para pembeli atau konsumen terhadap merk tertentu. Kemasan juga berpengaruh dalam meningkatkan citra dan merangsang presepsi konsumen tentang suatu produk. Beberapa ahli pemasaran juga menerangkan bahwa sekitar 75% dari keputusan pembeli dibuat oleh konsumen ketika sedang berdiri di depan rak yang ada di supermarket, dan mereka memilih produk dengan tampilan yang menarik serta menyentuh hati mereka secara emosional.

Jika pelanggan sudah jatuh hati pada packaging produk yang Anda tawarkan, maka mereka akan memperhatikan apa-apa yang tertera pada packaging Anda. Mereka melihat dan membaca informasi yang terdapat pada kemasan tersebut. Untuk itu, beberapa hal dibawah ini wajib ada pada kemasan produk Anda

Nama Produk

Nama produk menjadi kunci utama pelanggan mengetahui produk pada kemasan

Nama produk harus ada dan tertera pada label kemasan Anda karena hal tersebut merupakan informasi utama mengenai apa yang Anda tawarkan di dalam kemasa tersebut. Cantumkanlah nama jenis olahan dan merk dagang yang Anda gunakan. Contohnya: “Ayam Bakar Pringsewu”. Kata “ayam bakar” mewakili jenis produk, sedangkan kata “Pringsewu” merupakan merk dagang. Nama produk juga sebaiknya ditulis dengan font yang simple dan mudah dibaca, serta memiliki warna yang tidak terlalu mencolok.

Logo

Logo sebagai branding dan harus ada di kemasan.

Hal yang satu ini juga tidak kalah penting dan wajib dicantumkan dalam kemasan produk Anda. Logo merupakan suatu ciri khas dari brand Anda, untuk itu logo harus ada pada kemasan produk Anda. Dimana logo bisa menjadi simbol pengingat pula bagi pelanggan akan merek Anda.

Informasi Kontak dan Media Sosial

Cantumkan info kontak dan media sosial pada packaging Anda

Kontak dan media sosial wajib dicantumkan pada kemasan. Dengan mencantumkan info tersebut pada kemasan, pelanggan akan mengetahui dimana mereka akan memesan kembali produk Anda jika mereka menyukai produk Anda. Media sosial pun dapat berfungsi sebagai katalog referensi pilihan lain apabila ingin memesan dikemudian hari. Setelah pelangan melihat akun media sosial bisnis Anda, peluang dari produk yang Anda tawarkan akan dibagikan pada teman-temannya yang lain menjadi besar, dan peluang brand Anda diketahui oleh banyak orang juga semakin besar. Untuk itu usahakanlah untuk selalu mengelola media sosial Anda dengan optimal agar performa bisnis Anda dapat terus meningkat. 

Social media management dapat dikelola secara profesional dengan Monelo.id, media sosial Anda akan ditangani oleh orang-orang handal dan profesional. Hubungi Monelo di monelosmm@gmail.com atau melalui instagram @monelo.id

Keterangan Kedaluwarsa

Jika Anda memiliki bisnis makanan atau minuman, sebaiknya keterangan kedaluwarsa ikut dicantumkan dalam kemasan. Keterangan kedaluwarsa merupakan batas akhir suatu pangan dijamin mutunya, sepanjang penyimpanannya mengikuti petunjuk yang diberikan produsen. Sama seperti tanggal dan kode produksi, keterangan kadaluarsa juga dapat dicantumkan terpisah dari tulisan “Baik digunakan sebelum”, dan disertai dengan petunjuk tempat pencantuman tanggal kadaluwarsa.

Thank You Card

Ucapan thank you pada packaging untuk menambahkan kesan dihargai pada klien

Dengan memberikan thank you card di dalam kemasan Anda, maka akan terkesan bahwa Anda menghargai mereka sebagai pelanggan. Produk yang mereka terima juga akan dirasa lebih personal dan spesial untuk mereka. Selain sebagai kenang-kenangan dan souvenir, thank you card juga bisa diberikan kepada seseorang sebagai bentuk apresiasi.

Kelima hal tersebut tidak boleh sampai ketinggalan, ya! Jika Anda mempunyai hal lain atau informasi tambahan lain yang mendukung produk Anda, sebaiknya jangan lupa untuk diikutsertakan, ya. Namun perlu diperhatikan pula estetika dan proporsi dari kemasan. Jangan sampai kemasan terlalu banyak informasi yang tertera, hal tersebut malah akan membuat orang malas untuk membacanya. Cantumkanlah informasi yang berhubungan dengan produk secara jelas dan singkat, sesuaikan pula desain dan warna yang menarik sesuai dengan produk yang Anda tawarkan.

Post Views: 1,488
Send Messages
1
Need Help?
Have you read our service? Tell me what you need!