Monelo Digital Agency

3 Hal Ini Wajib Dikuasai Oleh Customer Service

Kemampuan yang wajib dimiliki customer services.

Semua perusahaan pasti menginginkan pelanggannya mendapatkan yang terbaik, baik itu dari segi hasil kerja, maupun dari segi pelayanan. Untuk itu diperlukan skill yang mampu mewujudkan hal tersebut. Kepuasan pelanggan tidak hanya ditentukan oleh hasil akhir, namun kepuasan pelanggan pun menjadi salah satu hal yang sangat penting. Mengapa demikian? Karena jika pelanggan Anda merasa puas, maka kemungkinan besar mereka akan melakukan repeat order. Selain itu, jika pelanggan mendapatkan pengalaman yang baik dan berkesan pada bisnis Anda, ada kemungkinan mereka merekomendasikan bisnis pada rekan yang lainnya. Pada akhirnya usaha yang Anda jalani dapat diketahui oleh banyak orang, dan reputasi bisnis Anda akan baik di mata calon pelanggan Anda.

Namun, lain halnya jika pelayanan yang diberikan buruk. Pelayanan yang buruk akan membuat pelanggan bercerita kepada rekannya bahwa bisnis Anda memberikan layanan yang buruk, meskipun hasil kerja yang diterima cukup baik.Hal tersebut tentunya menjadi sebuah mimpi buruk bagi setiap bisnis. Untuk itu penting memahami cara menjadi customer service yang baik untuk mengantisipasi kemungkinan buruk.

1. Menguasai Komunikasi Persuasif

Customer services sebaiknya handal dalam komunikasi persuasif.

Dalam melayani pelanggan, modal utama yang paling penting yaitu bisa berkomunikasi dengan baik. Komunikasi yang lancar dan jelas akan membuat pelanggan yakin bahwa bisnis yang Anda miliki kompeten dan dapat dipercaya. Sebagai seorang customer service yang baik, sebaiknya Anda mampu untuk meyakinkan dan mengajak customer Anda untuk melakukan order pada perusahaan Anda, selain itu Adna juga harus bisa berbicara dengan sopan, halus, ramah, dan yang paling penting adalah jelas agar pelanggan yang sedang kita ajak bicara menjadi nyaman dan mudah untuk mengerti dengan penjelasan kita. Anda juga harus bisa menggunakan bahasa yang positif meskipun ada pernyataan yang bertolak belakang dengan ekspektasi customer. Anda harus belajar untuk mengganti kosakata tersebut agar lebih terdengar positif dan tidak membawa kekecewaan mendalam bagi customer.

2. Product Knowledge

Customer services harus mampu memahami dan mengerti product knowledge dari produk yang dijual atau ditawarkan.

Product knowledge atau menguasai produk yang dijual juga menjadi modal utama yang paling penting kedua setelah komunkasi. Hal ini merupakan hal yang sangat penting bagi para customer service. Mengapa demikian? Karena jika ada pelanggan yang melakukan komplain atau menanyakan tentang produk yang kita jual, kita bisa menjelaskannya dengan mudah dan tidak berbelit-belit. Setelah Anda menguasai komunikasi persuasif, Anda dapat dengan mudah memasukan product knowledge yang Anda miliki untuk mengajak pelanggan untuk melakukan order di perusahaan Anda. Lengkapi juga informasi pada media digital Anda, untuk membantu customer services menyampaikan produk. Jika penyampaian materi produk pada klien sudah cukup meyakinkan, maka akan lebih mudah bagi tim di dalam untuk melakukan pendekatan agar kesepakatan yang menguntungkan kedua pihak bisa terjadi.

3. Berikan Janji yang Pasti

Sebagai customer service yang baik, Anda harus bisa menepati semua pernyataan yang diberikan pada calon pelanggan. Jika perusahaan Anda tidak mampu memberikan ataupun memang tiak menyediakan pelayanan yang diminta oleh pelanggan, jangan sekali-kali berbohong dan mengatakan bahwa Anda mampu memenuhinya. Karena jika hal tersebut tidak sesuai dengan keinginan pelanggan, hal tersebut akan membuat pelanggan Anda kecewa. Jika Anda mengingkari janji dengan pelanggan, maka kepercayaan mereka terhadap Anda dan perusahaan Anda pasti akan sangat menurun, bahkan bisa menyebabkan pelanggan tidak mau lagi berlangganan dengan perusahaan Anda.

Setelah Anda menguasai semuanya, kemudian berikanlah yang terbaik yang bisa Anda berikan. Memberikan yang terbaik untuk pelanggan adalah salah satu yang terpenting bagi seorang customer service. Memberikan yang terbaik bagi pelanggan juga bisa menaikan kepuasan pelanggan pada perusahaan Anda sehingga pelanggan juga tidak akan ragu untuk menjadikan perusahaan Anda sebagai rekomendasi untuk di tunjukan kepada temannya yang lain. Temukan informasi lain seputar bisnis di Monelo

Post Views: 1,608
Send Messages
1
Need Help?
Have you read our service? Tell me what you need!