Ukuran Desain untuk Media Sosial

Sumber: https://econsultancy.com/

Dalam Social Media Marketing, desain adalah hal yang penting. Oleh karena itu, memastikan bahwa sebuah desain menarik, maka harus sesuai dengan ketentuan ukuran agar tidak terpotong. Hanya saja, ukuran-ukuran desain atau foto di berbagai media sosial berbeda-beda. Oleh karena itu, sebelum membuat sebuah desain, ada baiknya jika memperhatikan ukuran-ukurannya berikut ini:

Instagram

Sumber: https://alona.co.id/

Instagram memiliki 2 jenis fitur untuk berbagi konten, yakni feeds dan stories. Untuk feeds, Instagram awalnya hanya memiliki satu ukuran, yakni square. Namun sekarang, Anda bisa membuat konten dengan foto portrait maupun landscape.

Ukuran-ukuran panjang*lebar untuk feeds Instagram ialah:

  1. Square: 1080px*1080px
  2. Potrait: 1080px*1350px
  3. Landscape: 1080px*566px

Instagram story adalah fitur baru dari Instagram. Fitur ini berbentuk full scale atau menutupi layer secara penuh. Untuk Instagram story, disarankan untuk membuat konten dalam format portrait. Ukurannya adalah 1080px*1920px dengan aspect ratio 9:16.

Selain memperhatikan ukuran untuk mengirimkan konten, Anda juga perlu memperhatikan ukuran untuk profile picture agar bisa menyesuaikan desain logo Anda. Dan persyaratan untuk profile picture Instagram yang baik yakni lebar 110px x panjang 100px dengan aspect ratio: 1:1

Facebook

Sumber: https://feedster.com/

Di Facebook, Anda juga bisa mengirimkan konten dalam bentuk foto. Ketentuannya adalah sebagai berikut:

  1. 1200px panjang x 630px lebar.
  2. Asepect Ratio: 40:21.
  3. Sebuah image dengan lebar maksimum 470 pixel akan terlihat lengkap di dalam feed.
  4. Jika di dalam page, maksimal lebarnya adalah 504 pixel.
  5. Facebook juga dapat menyajikan gambar pada aspect ratio 1:1.

Selain mengirimkan konten dalam bentuk foto dalam status, Facebook juga menawarkan fitur baru serupa dengan Instagram Story yakni Facebook Story. Ukurannya pun sama, yakni 1080px*1920px dengan aspect ratio 9:16. Jika Anda ingin membagikan sebuah link ke Facebook, pastikan jika feature image untuk link tersebut muat untuk link previews Facebook, yakni panjang 1200px x lebar 630px dengan aspect ratio: 16:9.

Jangan lupa juga dengan profile picture Facebook Anda. Berbeda dengan profile picture Instagram, di Facebook, profile picture Anda akan menyesuaikan dengan gawai yang digunakan. Ukuran aslinya adalah 180px*180px, namun akan berubah menjadi:

  1. 170px*170px pada desktop
  2. 128px*128px pada smartphone
  3. 32px*32px sebagai thumbnail

Selain itu, Facebook juga punya fitur Event dimana Anda bisa membagikan event yang akan Anda adakan dengan Facebook. Event ini pun ada covernya. Jadi, jangan lupa sekalian buat desain untuk event Anda dengan ukuran 1920px*1080px dengan aspect ration 16:9.

Twitter

Sumber: https://cnet.com/

Selain mengirimkan tweets, Anda juga bisa mengirimkan image yang disematkan pada tweet yang Anda buat. Ukuran image dalam Twitter agar gambar dapat terlihat sesuai adalah:

  1. Minimum: 440px ppanjang x 220px lebar
  2. Maksimum: 1024px panjang x 512px lebar
  3. Maksimal ukuran file: 5MB

Twitter juga mempunyai cover photo yang bisa Anda gunakan agar akun Anda lebih menarik. Ukurannya adalah landscape 1500px*500px dengan aspect ratio: 3:1

Sama seperti Facebook, Twitter juga akan menampilkan gambar preview dari link yang dibagikan. Preview yang terlihat di dalam timeline, mencakup judul, meta description, dan juga gambar preview dari link tersebut.

Ukuran dari link preview di Twitter adalah landscape 800px*x 418px dengan aspect ratio: 1.91:1.

Foto profil di dalam Twitter berukuran 400px*400px.

Leave A Comment