Strategi Mengembangkan Bisnis

Sebagai seorang pebisnis, tentu kita menginginkan usaha yang kita kelola mengalami kemajuan dan berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Tentu hal itu tidak bisa di dapatkan secara instan. Bisnis yang maju dan besar tentunya harus melewati serangkaian proses, dimana proses tersebut pastinya berbeda tiap bisnisnya. Untuk mengetahui strategi marketing yang tepat untuk diaplikasikan pada bisnis yang Anda kelola merupakan hal yang sangat penting.

Perang strategi di tengah ketatnya kompetisi bisnis menuntut seseorang untuk bertarung dan menghadapi risiko. Dibutuhkan perencanaan yang matang dan kesiapan guna terhindar dari berbagai hal tak terduga. Strategi atau rencana yang matang, selain untuk menghindarkan usaha dari pailit, juga menentukan arah usaha. Sebisa mungkin, arah bisnis bersifat progresif, sehingga bisa luwes atau cepat beradaptasi lagi dengan iklim yang mudah bergonta-ganti secara tiba-tiba.

Menurut The Journal Branding, untuk bisa mengembangkan bisnis yang kuat dan stabil, Anda perlu mengetahui jawaban dari beberapa pertanyaan mendasar berikut ini:

Apa tujuan dari brand Anda untuk masyarakat saat ini? Hal ini didasarkan pada apa yang sangat diyakini oleh perusahaan, dan perbedaan apa yang dapat dibuat oleh perusahaan Anda.

Berdasarkan pada produk dan tujuan brand Anda, siapa target yang Anda tuju?  Bayangkan konsumen Anda. Siapa mereka? Apa yang mereka suka? Bagaimana mereka berperilaku? Kenapa mereka membutuhkan produk Anda?

Dengan siapa Anda berkompetisi? Ketahui siapa kompetitor Anda. Apakah target konsumen mereka sama dengan target konsumen Anda? Apa yang mereka jual, apa kekuatan dan kelemahan mereka? Buat daftar atas pertanyaan-pertanyaan tersebut kemudian pelajari dan analisis perilaku mereka di pasar. Berdasarkan data yang Anda miliki, usahakan agar Anda tetap selalu lebih unggu daripada kompetitor Anda.

Setelah sekarang Anda memiliki jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, sekarang saatnya Anda mengeksekusi strategi marketing untuk mengembangkan bisnis Anda. yang pertama adalah:

Meningkatkan Promosi

Promosi menjadi salah satu cara mengembangkan bisnis yang penting karena konsumen perlu mengenal produk, atau jasa yang Anda tawarkan. Buatlah materi promosi yang unik serta tingkatkan frekuensinya agar lebih banyak orang yang mengenal produk atau jasa yang Anda tawarkan. Manfaatkan berbagai jalur promosi, mulai dari menyebarkan brosur, memasang iklan online, memanfaatkan sosial media dan memanfaatkan website.

Untuk menarik minat konsumen, buatlah promo diskon atau voucher sebagai ‘pemancing’ agar masyarakat tertarik menggunakan produk atau jasa Anda. Namun, pastikan Anda memerikan yang terbaik, karena kesan pertama itu sangat penting. Berikan kesan pertama yang terbaik, dengan begitu konsumen Anda akan merasa bahwa bisnis Anda menempati hati para pelanggan.

Baca juga: 10 Strategi Untuk Website Bisnis Anda

Utamakan Pelayanan Konsumen

Poin ini mungkin terkesan mudah. Namun ingat, pelanggan adalah raja, jadi poin ini merupakan poin yang sangat penting karena pelayanan terbaik kepada konsumen adalah cara terbaik untuk membuat mereka tetap bertahan pada brand Anda. Tidak mengherankan jika layanan konsumen berkualitas tinggi harus jadi hal yang dipertahankan ketika banyak perubahan harus dilakukan. Jika Anda melakukan kesalahan sekali, maka resikonya bisa lebih besar dari yang Anda bayangkan.

Memang sebagai manusia ada kalanya kita melakukan kesalahan, namun dalam menjalankan suatu bisnis, apalagi yang sedang berkemang dan mencari kepercayaan pelanggan, meminimalisir kesalahan adalah kunci utama. Selalu berikan yang terbaik pada semua pelanggan, maka mereka tidak hanya akan mempercayai brand Anda, namun mereka juga akan memberitahu kepada rekan-rekannya yang lain mengenai betapa bagus dan profesionalnya cara kerja Anda.

Baca juga: 3 Hal Ini Wajib Dikuasai Oleh Customer Service

Lakukan Inovasi Produk

Zaman semakin modern, trend pun makin cepat berubah, begitu pula dengan kebutuhan masyarakatnya. Kita sebagai penyedia produk atau jasa harus bisa menyesuaikan dengan kebutuhan yang semakin variatif. Selain karena mengikuti permintaan pasar yang semakin variatif, adanya inovasi produk ini bertujuan sebagai evaluasi bagi produk atau jasa yang selama ini Anda tawarkan. Lakukan evaluasi mengenai cara kerja dan kualitasnya. Kualitas dari produk atau jasa yang Anda tawarkan harus lebih baik dari sebelumnya. Jika usaha Anda tidak bisa mengimbanginya, konsumen bisa saja berpindah kepada kompetitor. Untuk itu berani melakukan inovasi merupakan salah satu cara cerdas dalam usaha mengembangkan bisnis yang Anda miliki.

Baca juga: 4 Macam Inovasi; Innovation Matrix

Kenali Kompetitor Anda

Strategi meningkatkan bisnis selanjutnya yang tidak kalah penting yaitu mengetahui siapa saja kompetitor Anda. Mengenali kompetitor ini dilakukan dengan tujuan agar bisnis Anda bisa mengeluarkan sesuatu yang berbeda. Berani melakukan inovasi yang unik dalam bentuk promosi serta produk atau jasa yang ditawarkan bisa saja mendatangkan hasil yang lebih baik dari kompetitor.

Namun, satu hal yang perlu diingat adalah, meskipun Anda dan kompetitor Anda bersaing, bukan berarti bahwa Anda harus membenci mereka kemudian melakukan hal-hal buruk kepada mereka. Justru perlakukan kompetitor Anda dengan baik sebagai rekan Anda, dengan begitu Anda bisa mengambil hal-hal baik yang mereka lakukan, kemudian sesuaikan dan terapkan pada perusahaan Anda. Namun Anda juga perlu perhatikan bahwa ‘meniru’ kompetitor Anda bukan ide yang baik. Untuk itu Anda perlu keahlian dalam mengambil hal-hal baik yang mereka lakukan namun tetap bersaing secara sehat dalam bisnis.

Baca juga: Tipe-Tipe Digtal Marketing yang Harus Anda Ketahui

Nah, itu tadi adalah sebagian dari strategi mengembangkan bisnis yang tepat untuk usaha Anda. Dengan menerapkannya secara tekun dan teratur, maka sedikit demi sedikit bisnis Anda akan berkembang. Mungkin tidak secara cepat, nikmati setiap prosesnya karena perjalanan Anda dengan yang lain pasti berbeda. Jika Anda membutuhkan bantuan untuk memanajemen media social bisnis Anda, segera hubungi Monelo di WhatsApp +6285887582702 atau email di monelosmm@gmail.com.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Post Views: 191