Social Media Engagement: Cara Meningkatkan Bisnis

sumber: https://socialnicole.com/

Media Sosial adalah tempat yang sangat cocok untuk memulai bisnis kecil-kecilan. Banyak sekali fitur media sosial yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku bisnis baru untuk meningkatkan bisnis mereka. Tidak hanya fitur yang unik yang bisa meningkatkan bisnis, namun juga bagaimana Anda, sebagai pelaku bisnis, berinteraksi dengan pengikut Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk menjalin hubungan yang erat dengan pengikut Anda agar bisnis Anda semakin meningkat.

  1. Bagikan Sebuah Kisah Hidup
sumber: https://swachhindia.ndtv.com/

Kisah hidup sarat dengan hikmah dan pelajaran yang bisa Anda bagikan kepada pengikut media sosial bisnis Anda. Kisah hidup ini tidak perlu memakai kisah orang lain. Anda pun bisa menjadi tokoh utamanya. Walaupun Anda pikir kisah Anda tidak menarik atau tidak terlalu menginspirasi, tidak apa. Sekecil apapun pencapaian Anda itu adalah sebuah kisah yang bisa menginspirasi orang banyak. Jadi, jangan takut untuk bagikan kisah hidup Anda untuk menginspirasi pengikut Anda.

  • Tanya-Jawab dengan Pengikut
sumber: https://thebodyblueprint.co.uk/

Tanyakan pertanyaan yang membuat pengikut Anda untuk menuliskan opini mereka tentang suatu hal. Dengan begitu, Anda menjadi lebih paham bagaimana karakteristik pengikut media sosial Anda yang sebenarnya. Dengan begitu, Anda pun akan tahu apa yang diharapkan pengikut Anda dari bisnis Anda tersebut. Selain itu, dengan memberikan pertanyaan dengan jawaban sebuah opini, Anda bisa berdiskusi secara langsung dengan pengikut Anda. Jangan berikan pertanyaan yang jawabannya hanya “iya atau tidak” karena akan membuat pengikut Anda merasa Anda tidak terlalu peduli dengan alasan mereka memilih jawaban tersebut. Anda bisa memasukkan pertanyaan itu pada survey jika dibutuhkan saja.

  • Kenali Pengikut Anda
sumber: https://medium.com/

Seperti di nomor 2, Anda bisa mengenal lebih jauh karakteristik pengikut Anda dengan memberikan mereka pertanyaan-pertanyaan yang membuat mereka memberikan jawaban berupa opini. Selain itu, Anda juga bisa memberikan respon atas komentar mereka tersebut agar terjalin sebuah diskusi yang bisa membuat pengikut Anda merasa Anda peduli dengan mereka. Anda juga bisa mengomentari postingan pengikut Anda yang berhubungan dengan bisnis Anda. Dengan begitu, selain Anda bisa lebih dekat dengan pengikut Anda, kemungkinan pengikut mereka mengetahui bisnis Anda pun semakin besar.

  • Gunakan Emoji dan Paragraf
sumber : www.pixabay.com

Emoji bisa membantu postingan Anda di media sosial lebih menarik dan berwarna serta tidak membosankan. Emoji bisa memberikan ekspresi yang ingin Anda tunjukkan pada postingan tersebut. Selain itu, janganlah membuat postingan dengan tulisan yang terlalu panjang dalam satu paragraf. Buatlah tulisan tersebut menjadi beberapa paragraf agar lebih mudah dibaca oleh pengikut Anda.

  • Jangan Private Akun Anda
sumber: https://railmonitor.dk/

Jika Anda berbisnis, maka Anda akan memerlukan jaringan yang luas. Manfaatkanlah jaringan instan yang bisa Anda dapatkan dari media sosial Anda dengan tidak mengunci akun Anda. Dengan mengunci akun, Anda akan kehilangan pelanggan potensial karena postingan Anda tidak akan muncul di pencarian. Untuk apa Anda membuka bisnis melalui media sosial jika akhirnya Anda hanya akan mengirimkan postingan dalam mode private?

  • Buatlah Polling
sumber: https://idealoka.com/

Menurut kebanyakan orang, mengisi polling adalah hal yang menyenangkan. Jadi, buatlah polling dengan pertanyaan dan pilihan yang menyenangkan namun masih berhubungan dengan bisnis Anda. Selain itu, Anda bisa memanfaatkan polling untuk menentukan mana produk dari bisnis Anda yang menurut pengikut Anda adalah yang terbaik. Dengan begitu, Anda bisa meningkatkan kualitas produk tersebut.

Leave A Comment