Seluk Beluk New Normal yang Perlu Diketahui

Seluk Beluk New Normal yang Perlu Diketahui

Sumber: https://exponia.com/

New Normal atau Kenormalan Baru dalam bahasa Indonesia adalh sebuah langkah percepatan penanganan COVID-19 yang sedang digadang-gadang oleh pemerintah Indonesia. Skenario ini merupakan langkah yang diambil untuk menstabilkan kehidupan masyarakat Indonesia agar bisa beraktifitas setelah menjalani kegiatan di rumah selama 3 bulan lamanya. New Normal ini dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan daerah masing-masing untuk menjalaninya.

Lembaga Biologi Molekuler atau LBM Eijkman menyatakan bahwa virus corona tidak akan hilang dari muka bumi dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, hidup dengan skenario new normal ini diharapkan bisa membuat masyarakat Indonesia terbiasa dengan keberadaan virus tersebut. Presiden Jokowi juga telah meminta seluruh jajarannya mempelajari kondisi lapangan untuk mempersiapkan tatanan normal yang baru di tengah pandemi COVID-19. Saat ini sudah ada 4 provinsi serta 25 kabupaten/kota yang tengah bersiap menuju new normal.

Organisasi kesehatan dunia, WHO, juga telah menyiapkan protokol pedoman transisi menuju new normal selama pandemi COVID-19. Dalam protokol tersebut, negara harus terbukti mampu mengendalikan penularan COVID-19 sebelum menerapkan New Normal. Langkah pengendalian dengan pencegahan juga harus diterapkan di tempat kerja.

Banyak hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan untuk masuk pada era New Normal ini. Jika Anda ingin segera beraktifitas kembali, sangat disarankan untuk mentaati protokol kesehatan yang baru, diantaranya adalah:

1. Sering cuci tangan pakai sabun

Sumber: https//elementar.medium.com/

Penelitian membuktikan jika mencuci tangan menggunakan sabun dapat membunuh virus yang menempel di tangan. Jadi, jangan heran jika banyak tempat umum, seperti supermarket, meminta pengunjung untuk mencuci tangan di wastafel yang sudah disediakan sebelum memasuki tempat tersebut.

2. Pakai masker

Sumber: https://wired.co.uk/

Kalau dulu memakai masker dianggap aneh, pada era New Normal ini, masket malah diwajibkan. Ini karena masker dapat mencegah virus untuk keluar atau masuk dari dan ke mulut atau hidung. Selain itu, masker juga dapat mencegah tangan kita untuk menyentuh mulut dan hidung secara langsung.

3. Jaga jarak

Sumber: https://iheartradio.ca/

Seperti yang sudah sering diberitakan, virus korona ini dapat jatuh kurang dari jarak 2 meter dari inangnya. Artinya, dengan menjaga jarak sejauh minimal 2 meter satu dengan yang lain, diharapkan dapat mencegah penularan virus tersebut.

4. Istirahat cukup

Sumber: http://personalgrowthtohappiness.com/

Dengan beristirahat yang cukup, tubuh tidak akan mudah lelah dan kekebalan tubuh pun terjaga sehingga kita tidak mudah sakit. Jadi, walaupun terpapar virus, penyakit tidak akan dengan mudah menyerang karena kuatnya sistem imun. Serta, virus akan cepat mati karena antibodi akan bekerja lebih cepat.

5. Rajin olahraga

Sumber: https://independent.co.uk/

Kalau tidur bisa menjaga sistem imun, maka dengan olahraga, imunitas kita akan meningkat. Efeknya pun tubuh lebih kebal dalam menahan penyakit.

6. Makan makanan bergizi seimbang

Sumber: https://www.judsonsmartliving.org/

Jangan lupa untuk memakan makanan sehat agar tubuh semakin kuat.

Untuk perusahaan sendiri, Kemenkes sudah memiliki kebijakan sendiri untuk mengatur kegiatan New Normal dalam aktivitas perkantoran. Kebijakan tersebut tertuang pada Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi.

Sumber: https://www.gadjian.com/

Diantaranya adalah pihak manajemen harus senantiasa memantau dan memperbaharui perkembangan informasi COVID-19 serta membentuk tim penanganan COVID-19 dalam perusahaan. Tidak hanya itu, manajemen juga harus terbuka dalam melaporkan jika ada karyawan yang memiliki gejala COVID-19.

Perusahaan juga diharuskan melakukan pengukuran suhu pada karyawan sebelum masuk ke dalam gedung menggunakan thermogun. Perusahaan juga dilarang untuk memberlakukan lembur serta mengadakan shift jika memungkinkan. Perusahaan pun wajib untuk menyediakan alat-alat kesehatan seperti hand sanitizer dan sarana cuci tangan serta menerapkan physical distancing.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.