Rahasia Penulisan Magic Headline

Headline merupakan bagian terpenting pada sebuah iklan, konten dan sejenisnya dengan tujuan utamanya adalah untuk menarik orang agar berhenti membacanya. Sebuah headline mampu menjadikan ‘calon pembaca’ menjadi ‘pembaca’ tulisan Anda. Pada dasarnya, headline yang magic adalah headline yang menggambarkan benefit dari sebuah tulisan tersebut, yang membuat calon pembacanya tertarik kemudian melanjutkannya untuk membaca. Jika orang tersebut sudah tertarik dengan headline yang kita buat, peluang untuk mendapatkan audiens lebih besar. Jadi pengunaan headline menjadi salah satu strategi marketing dalam bisnis yang perlu Anda optimalkan.

Untuk itu, Anda membutuhkan magic headline yang dapat membuat audiens lebih tertarik dengan tulisan Anda. Simak tips-tipsnya berikut ini!

H-E-A-D-L-I-N-E-S

Helpful, Emotion, Ask, Do’s & Don’ts, List, Inspire, Numbers, Emphaty, Success

Helpful
Deliver value by being helpful. Jelaskan bahwa apa yang mereka akan dapatkan dari membaca tulisan Anda lebih lanjut adalah mereka dapat mengetahui informasi yang berguna berkat membaca tulisan Anda.

Emotion
Bangkitkan emosi pembaca dengan meniru dua pendorong perilaku yang paling umum: meraih kesenangan dan menghindari rasa sakit. Kebanyakan pembaca ingin mengetahui apa yang membuat mereka senang dan lebih memberikan manfaat untuk dirinya ketimbang membaca sesuatu yang akan meninggalkan perasaan yang tidak mengenakan atau merasa tidak mendapatkan apa-apa dari yang dibaca olehnya.

Ask
Membuat headline dengan konsep peryanyaan  merupakan salah satu stategi yang paling efektif. Temukanlah pertanyaan-pertanyaan yang ingin dijawab oleh target market Anda kemudian tuangkanlah pada headline tulisan Anda. Dengan cara itu, audiens Anda akan merasa ada koneksi antara apa yang mereka rasakan dengan tulisan Anda. Setelah menemukan pertanyaan apa yang tepat, kemudian tuangkanlah pada headline tulisan Anda.

Do’s & Don’ts
Konten edukasi merupakan salah satu konten marketing yang dinilai paling efektif.  Sajikan konten “do’s and don’ts” yang akan bermanfaat bagi audiens Anda. Dengan begitu, mereka akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat dari tulisan Anda.

List
Buatlah daftar yang menarik dan masih berhubungan dengan konten yang Anda buat. Orang-orang akan tertarik pada hal unik yang terjadi pada sekumpulan sesuatu yang familiar oleh mereka. Misalnya, “Daftar Makanan yang Bikin Gendut”, “Ini Dia Macam-Macam Sumber Protein Terbaik” dan hal serupa lainnya.

Inspire
Tulislah judul yang sesuai dengan keinginan pembaca Anda. Buatlah mereka terinspirasi oleh apa yang mereka baca dari tulisan Anda. Jika hal tersebut terjadi, maka Anda pun akan pendapatkan feedback positif dari para pembaca Anda.

Numbers
Headline yang menyajikan sejumlah alasan, rahasia, tips, cara akan menarik perhatian pembaca, dan dengan memberikan sebuah angka di dalamnya, maka akan memberi kesan kepastian akan tulisan tersebut. Misalnya, “3 Tanda Awal Diabetes”, “30 Hari Sukses Berbisnis” dan hal serupa lainnya.

Emphaty
Dapatkan kepercayaan dari pembaca Anda dengan berita utama yang menunjukkan bahwa Anda memahami dan peduli pada pembaca Anda.

Success
Setelah menerapkan semua tips sebelumnya, dan kemudian Anda berhasil menarik minat calon pembaca dan megubahnya menjadi pembaca Anda, berarti Anda sudah sukses untuk membuat magic headline. Namun, jika di rasa belum memuaskan, Anda perlu membuat strategi baru dengan landasan headline yang sama. Cari tahu kembali apa yang pemaca Anda sukai dan ingin cari tahu.

Setelah mengetahui isi dari sebuah HEADLINES, maka Anda bisa menerapkannya pada tulisan Anda, dan akan meledak dan banyak memberikan manfaat bagi seluruh pembaca Anda.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Post Views: 223