Prinsip Dasar Marketing di Media Sosial

Prinsip Dasar Marketing di Media Sosial

Sumber: https://socialmediaworx.ie/

Zaman sekarang, media sosial tidak hanya menyatukan orang-orang dari berbagai belahan dunia, namun juga menjadi aset berharga untuk pelaku bisnis dan pemilik brand. Dengan media sosial, Anda bisa melakukan banyak hal untuk meningkatkan bisnis. Diantaranya adalah sebagai media marketing atau pemasaran. Namun, melakukan marketing atau pemasaran di media sosial tidak bisa sembarangan dilakukan. Jika salah, maka dapat menghasilkan yang tidak diinginkan. Ada prinsip dasar marketing di media sosial, yakni:

  1. Banyak Mendengarkan

Sumber: https://itv.com/

Yang dimaksud dengan mendengarkan adalah membaca dan memahami karakteristik dan kesukaan audiens Anda. Jadi, Anda bisa membuat konten yang sesuai tanpa mengganggu lini masa mereka.

  • Fokus

Sumber: https://reterdeen.com/

Buat konten yang berfokus pada perkembangan brand. Jangan berganti-ganti konten hanya untuk menyenangi semua orang. Jika begitu, maka audiens Anda pun tidak akan tetap. Jadi, lebih baik fokus pada satu hal dan kembangkan itu ketimbang bergonta-ganti.

  • Utamakan Kualitas

Sumber: https://balanceyouthsport.com/

Kualitas di atas kuantitas. Lebih baik sedikit audiens namun aktif ketimbang banyak namun pasif. Begitupun dengan konten yang Anda buat. Tidak perlu terlalu banyak, yang penting berkualitas.

  • Sabar

Sumber: https://wayneelsey.com/

Setiap usaha tidak serta merta dibayar kontan. Anda butuh bersabar untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Begitupun dengan marketing di media sosial. Jadi, kesabaran itu penting untuk Anda miliki.

  • Gunakan Berbagai Jalur

Sumber: https://marketingland.com/

Tidak semua target marketing Anda menggunakan satu media sosial yang sama. Dengan memasarkan brand Anda di banyak media sosial, Anda pun memperluas pengetahuan tentang brand Anda.

  • Manfaatkan Influencer

Sumber: https://newsfeed.org/

Influencer adalah orang-orang yang berpengaruh. Dengan mendapat kepercayaan dari mereka dengan konten yang berkualitas, mereka pun akan senang hati membagikan konten Anda pada audiens mereka. Dengan begitu, Anda bisa mengembangkan brand Anda karena audiens Anda bertambah.

  • Beri Nilai Tambah

Sumber: https://contentmarketinginstitute.com/

Jangan hanya mempromosikan produk. Namun berikan juga konten edukatif yang berisi. Jadi, audiens Anda pun tidak bosan karena terus-menerus melihat konten promosi di akun Anda.

  • Jangan Cuek

Sumber: https://wooclap.com/

Banyak berinteraksi dengan audiens juga merupakan prinsip dasar marketing pada media sosial. Jika ada yang berkomentar di kiriman Anda, ada baiknya jika dibalas. Hal ini bisa membuat audiens lebih percaya pada bisnis Anda.

  • Jangan Menghilang

Sumber: https://multiview.com/

Kalau Anda sudah berkomitmen untuk membuat akun media sosial sebagai media pemasaran, maka jangan menghilangkan diri dari akun tersebut. Anda harus konsisten dalam mengirimkan konten ke akun tersebut.

  1. Beri Timbal Balik

Sumber: https://firebrandtalent.com/

Promosikan konten dari akun lain juga termasuk dalam prinsip dasar marketing di media sosial. Dengan mempromosikan konten dari akun lain, mereka pun akan tahu ada akun Anda. Jika mereka menganggap konten Anda bagus, maka mereka tidak akan segan membagikan konten Anda juga.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.