Kupas 5 Ide Konten Video Kreatif

Apakah konten video merupakan bagian penting dari strategi pemasaran Anda? Pentingnya video sebagai alat pemasaran telah meningkat secara signifikan. Pada tahun 2015, sekitar 78% para marketer memberi tahu kami bahwa video menjadi bagian penting dari strategi pemasaran mereka. Sekarang, saat kita memasuki tahun 2021, angka itu meningkat menjadi 93%. Salah satu strategi marketing dalam bisnis online yang populer digunakan marketer saat ini adalah dengan menggunakan video kreatif. Video dijadikan sebagai tools untuk mendatangkan traffic dan pengunjung bahkan pelanggan.

Menurut statistik Wyzowl, sebesar 96% orang memilih untuk menonton video penjelasan untuk mempelajari lebih lanjut tentang suatu produk atau layanan, 84% orang mengatakan bahwa mereka telah diyakinkan untuk membeli produk atau layanan dengan menonton video suatu brand. 93% pebisnis yang menggunakan video mengatakan bahwa itu adalah bagian penting dari strategi pemasaran mereka. Jadi, adanya bentuk video dalam konten yang Anda berikan sangat berpengaruh besar terhadap traffic maupun keputusan calon pelanggan. Platform yang bisa Anda gunakan dalam membuat video kreatif ini ada bermacam-macam, ada YouTube, Instagram, dan yang saat ini sedang naik daun adalah TikTok.

Berikut ini akan kami berikan 5 ide konten video kreatif yang bisa Anda gunakan dalam strategi marketing Anda.

 

Product Launching

Ide konten video yang pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat video berdurasi singkat mengenai produk yang Anda tawarkan, bisa dalam bentuk product launching misalnya. Dengan adanya video product launching tersebut, Anda bisa memperkenalkan produk Anda sekaligus menjalin kepercayaan serta koneksi antara produk Anda dan penonton video kreatif Anda. Buatlah video kreatif tersebut dengan durasi yang tidak terlalu panjang dan berkualitas baik. Anda kemudian bisa menambahkan backgound musik atau lagu yang sedang tren saat ini untuk menambah kesan up to date dan trendy.

 

Behind the Scene

Konten behind the scene ini juga tidak kalah menarik. Anda dapat membuat video singkat mengenai apa yang terjadi di balik layar sebelum produk yang Anda tawarkan itu ‘jadi’. Misalnya, jika bisnis Anda berjalan di bidang makanan, Anda bisa mengajak penonton video kreatif Anda ke dapur untuk melihat bagaimana kru Anda melakukan persiapan sebelum memulai memasak. Atau jika Anda menjalankan bisnis lainnya, Anda dapat mengajak penonton video Anda untuk melihat bagaimana proses foto suatu produk Anda, proses editing, dan sebagainya. Dengan begitu, penonton Anda akan merasa dilibatkan langsung pada proses produksi produk Anda.

 

Packing and Shipping

Bagi pelanggan, ada kepuasan tersendiri ketika melihat bagaimana Anda memperlakukan orderan mereka. Bagi pengusaha, rasa percaya pelanggan terhadap bisnis Anda akan semakin kuat dan terjamin. Maka, dengan membuat video kreatif saat Anda sedang melakukan proses packing juga bisa menjadi salah satu ide konten video kreatif yang bisa Anda gunakan di strategi marketing Anda. Buatlah video mengenai bagaimana Anda membungkus produk Anda sampai dengan produk tersebut dikirim ke alamat mereka, tujuannya agar pelanggan dapat melihat bahwa dalam proses packing ternyata ada prosedur standar yang dilakukan sehingga barang yang dipesan oleh pelanggan Anda terjamin kualitasnya. Seller menunjukkan proses packaging orderan dalam sebuah kemasan yang manis. Di belakangnya, terlihat barisan paket yang siap diberangkatkan.

 

Edukasi

Konten edukasi pun sekarang sudah bisa di sulap menjadi konten yang menarik dan mencuri perhatian, loh! Anda bisa membuatnya juga, selain untuk mengedukasi pelanggan, konten ini juga dapat menarik calon pelanggan yang lain. Buatlah konten video tersebut dngan visual yang jelas dan menarik sehingga penonton dapat mengerti isi dari konten tersebut. Contohnya, Anda dapat membuat penjelasan mengenai bahan-bahan skincare apa saja yang tidak boleh digabung penggunaannya, dan bahan skincare apa saja yang boleh digabung. Anda juga dapat membuat video eksperimen sesuatu, sehingga penonton dapat melihat secara langsung mengenai apa yang Anda maksud dalam video tersebut.

 

Testimoni

Selain untuk mempromosikan bisnis, video testimonial juga akan membuat pelanggan merasa lebih dilibatkan dan diapresiasi. Video ini juga akan menjadi bahan pertimbangan bagi calon-calon pembeli yang merasa masih ragu untuk melakukan order. Buatlah video testimoni ini yang menarik dan senatural mungkin. Jika video testimoni ini dilakukan secara berlebihan, malah justru akan memebuat calon pelanggan Anda curiga kemudian mereka akan mengurungkan niatnya untuk melakukan order produk Anda. Sangat disayangkan sekali, kan?

Tentunya membuat video kreatif seperti itu bisa dibilang gampang-gampang susah, tetapi melihat angka yang cukup tinggi, Anda jadi tertarik dan ingin segera menerapkannya pada strategi marketing Anda. Jangan khawatir, Anda dapat memulainya sekarang juga dengan bantuan dari Monelo Social Media Management. Anda dapat berkonsultasi mengenai strategi apa yang terbaik yang bisa Anda dapatkan, kemudian Anda pun akan mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan Anda. Anda dapat menghubungi Monelo di email Monelosmm@gmail.com atau WhatsApp di +6285887582702. Anda juga dapat membaca tips dan trik mengenai strategi merketing lainnya di website Monelo di http://monelo.id/

 

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave A Comment

Post Views: 127