Ketahui Apa yang Harus Dilakukan Pebisnis Saat Pandemi

Dalam kondisi seperti ini, dimana pandemi masih menjadi momok pembicaraan sekaligus penghambat pengembangan bisnis, pebisnis tidak bisa tinggal diam. Pebisnis, sebagai satu dari banyaknya pekerjaan yang terdampak paling parah dari pandemi, sudah seharusnya memiliki rencana baru untuk menghadapinya. Jika pebisnis tidak mulai untuk mencari jalan keluar atau strategi baru untuk menghadapi pandemi seperti ini, maka akan sulit ke depannya untuk bertahan. Bahkan dapat mengantarkan bisnis ke pintu gerbang kebangkrutan.

Tidak ada yang tahu kapan pandemi akan berakhir. Memiliki strategi baru yang menyesuaikan keadaan pandemi seperti ini akan sangat berguna. Selain meyakinkan internal bahwa bisnis akan bertahan, strategi baru pun akan membantu untuk membuat strategi selanjutnya setelah pandemi berakhir nanti.

Namun, tidak hanya strategi yang harus berubah dan disesuaikan. Berbagai aspek harus diperhatikan juga. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan pebisnis saat terjadi pandemi seperti sekarang ini.

 

Tunjukkan Kepedulian

Sumber: https://www.lowyinstitute.org/

 

Bukan hanya sekadar mencari simpati dan terkesan peduli, namun benar-benar harus peduli pada sekitar dan audiens. Jaga komunikasi yang baik dengan mereka. Jangan sampai menggunakan kata-kata yang terkesan memanfaatkan situasi untuk mencari keuntungan. Hal ini akan memberikan citra yang buruk terhadap bisnis Anda. Salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk menunjukkan kepedulian adalah dengan mengambil tindakan yang berfokus pada kepentingan publik, misalnya membagikan fakta-fakta mengenai cara mencegah penularan dan informasi yang informatif lainnya.

 

Lakukan Transaksi secara Online

Sumber: https://www.techprevue.com/


Salah satu protokol kesehatan adalah meminimalisir kontak fisik. Ini termasuk kontak fisik dengan barang yang berpotensi menjadi media perpindahan virus seperti uang. Oleh karena itu, banyak sekali bisnis yang menggunakan uang elektronik sebagai pilihan pembayaran sekarang karena itu membantu mereka meminimalisir kontak fisik dengan pelanggan. Selain uang elektronik, berbagai bisnis pun mulai memanfaatkan pembayaran elektronik lain seperti dompet elektronik, dan transfer bank.

 

Gunakan Platform Online

 

Strategi bisnis ini benar-benar cocok digunakan dalam kondisi pandemi mengingat banyak instansi memilih untuk melakukan kegiatan jarak jauh seperti WFH dan PJJ. Jadi, jika Anda memiliki bisnis offline, mungkin akan lebih sulit untuk berbisnis sekarang. Namun, jika Anda menggunakan platform online, mungkin Anda masih bisa untuk survived karena, bagaimanapun keadaannya, pelanggan tetap akan melakukan transaksi untuk memenuhi kebutuhan mereka.

 

Kaji Ulang Strategi Keuangan

 

Tidak ada yang bisa memastikan kapan wabah COVID-19 ini akan berakhir. Lakukan pemeriksaan mendalam terhadap kondisi keuangan bisnis Anda. Finansial bisnis merupakan hal krusial yang perlu diperhatikan terutama dalam kondisi seperti ini. Keuangan yang dikelola dengan baik dan hati-hati bisa membantu kelangsungan bisnis Anda. Seperti kegiatan belanja yang mungkin harus dikurangi agar tidak memakai budget terlalu banyak. Strategi promosi seperti diskon dan sebagainya juga harus dilakukan dengan berhati-hati. Diskon adalah hal yang paling dicari saat pandemi mengingat banyak yang gajinya dikurangi bahkan dipecat hingga mereka akan mencari segala kesempatan untuk mendapatkan kebutuhan mereka meski pas-pasan. Namun, Anda pun perlu memperhatikan berapa besar diskon yang bisa Anda berikan pada mereka dengan mempertimbangkan kemampuan keuangan bisnis Anda.

Pebisnis juga menjadi salah satu golongan yang paling terdampak pandemi. Seberapa suksesnya pebisnis, pasti akan merasa kemerosotan ekonomi yang terjadi karena pandemi. Oleh karena itu, mengembangkan strategi baru pun harus dilakukan agar dampak tersebut tidak semakin meluas dan semakin parah. Jika perlu, Anda bisa berkonsultasi lebih lanjut dengan Social Media Specialist kami mengenai strategi seperti apa yang bisa Anda lakukan saat pandemi seperti ini. Anda bisa menghubungi Monelo di 085887582702 atau email ke monelosmm@gmail.com dan kami akan membantu Anda untuk meningkatkan kualitas bisnis Anda di media sosial yang dibutuhkan.

Leave A Comment

Post Views: 191