Jangan Pakai 10 Teknik Marketing Ini di Instagram!

Saat ini, setiap bisnis membutuhkan kehadiran di media online yang kuat, tidak ada cara yang lebih baik untuk memastikannya selain membuat akun media sosial perusahaan Anda di salah satu dari banyaknya platform media sosial yang tersedia saat ini. Ada satu yang terbukti menjadi yang paling efektif dalam hal mempromosikan layanan atau produk, yaitu Instagram.

Membuat dan mengelola akun Instagram bisnis perusahaan Anda mungkin dapat terlihat tidak terlalu sulit untuk dilakukan, tapi tahukah Anda bahwa mengelola akun Instagram ternyata tidak semudah yang kita kira, terlebih jika itu adalah akun Instagram perusahaan. Ada teknik-teknik tertentu yang diaplikasikan ke dalamnya. Oleh karena itu, banyak orang cenderung membuat kesalahan yang mungkin mengarah pada hasil yang berlawanan dari yang mereka maksudkan pada awalnya. Jika Anda ingin kampanye promosi Anda di platform ini berhasil, pastikan Anda memeriksa daftar sepuluh kesalahan terbesar ini saat mengoperasikan akun bisnis Instagram.

 

Mencuri konten orang lain

Jangan mencuri konten orang lain. Hal tersebut sama sekali bukan sesuatu yang baik untuk Anda lakukan, dengan terang-terangan mengambil konten orang lain dan mengklaimnya sebagai milik Anda. Anda bahkan bisa dimintai pertanggungjawaban dalam waktu cepat atau lambat.

 

Memposting komentar spam

Komentar instagram yang tidak dipikirkan, berisi spam, dan promosi yang berlebihan dapat menyebabkan akun Instagram Anda kehilangan followers dan tidak hanya itu, akun Instagram Anda juga bisa diblokir karena hal tersebut! Maka berkomentarlah yang sewajarnya dan usahakan untuk tidak terlalu banyak memposting komentar, karena hal tersebut akan terbaca spam oleh pihak Instagram.

 

Menggunakan hashtag yang salah

Menggunakan tagar (hashtag) acak seperti #love biasanya tidak akan mendapatkan eksposur yang Anda cari di Instagram. Anda harus memiliki strategi yang jelas ketika menggunakan tagar di Instagram untuk bisnis Anda. Misalnya, jika Anda berjualan ayam goreng, gunakanlah tagar yang masih berhubungan dengan makanan, contohnya #kulinerenak, #makananmurah, #ayamgorengenak, dsb. Jangan memasukkan tagar yang tidak ada kaitannya dengan produk yang sedang Anda tawarkan.

 

Tidak mengoptimalkan nama Instagram Anda

Gunakan kata kunci yang tepat sehingga Anda dapat meningkatkan peluang ditemukan di area “teratas” di alat pencarian Instagram. Perlu diingat kembali, penggunaan kata kunci juga sangat mempengaruhi, gunakan kata kunci yang tepat dan sesuai dengan produk yang sedang Anda tawarkan.

 

Jangan menyertakan link di caption

Link yang ada di caption Instagram tidak dapat diklik. 9 dari 10 orang yang melihat ada link di caption tidak akan ada yang mau repot untuk mengcopy-paste link tersebut. Hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah dengan merujuk link tersebut di tautan bio Instagram Anda. Ada beberapa alat yang dapat Anda gunakan untuk menambahkan beberapa tautan dalam bio Instagram. Anda dapat melihat penjelasan lebih lengkap mengenai link on bio Instagram di https://monelo.id/link-on-bio-di-instagram-perlu-nggak-sih/

 

Menggunakan konten yang tidak mewakili brand Anda

Memposting ulang konten viral di feed Instagram Anda yang tidak ada hubungannya dengan brand Anda tidak akan membantu akun Anda dalam mendapatkan engagement yang tinggi. Anda mungkin akan memiliki banyak followers dengan cepat karena hal tersebut, namun tingkat engagementnya pasti sangat rendah.

 

Jangan gunakan Instagram sebagai “billboard”

Instagram adalah platform yang bagus untuk memperkenalkan produk dan brand Anda kepada orang-orang, tetapi jangan gunakan Instagram sebagai “billboard”. Tidak ada yang mau mengikuti akun yang hanya berisi satu iklan besar di dalamnya tanpa penjelasan dari produk-produk yang ditawarkan. Orang yang melihat pun akan bingung dan mengurungkan niat untuk melaksanakan transaksi dengan bisnis Anda. Ya, memasang hardselling juga perlu, tapi memasang satu iklan besar pada layar Instagram Anda akan membuat calon klien melarikan diri dan mencari produk lain dengan teknik marketing yang lebih baik dan meyakinkan.

 

Tidak ada strategi yang jelas

Instagram adalah platform yang sangat besar dan Anda tahu bahwa bisnis Anda harus ada di sini, tetapi mengapa? Apakah Anda memiliki tujuan yang jelas dan strategi yang terfokus untuk berada di instagram? Apakah Anda siap dan bisa mencari teknik-teknik strategi marketing yang berbeda dari kompetitor Anda yang juga berada di Instagram? Pertanyaan-pertanyaan tersebut harus bisa Anda jawab sebelum Anda memutuskan untuk terjun ke dalam dunia Instagram. Mempunyai tujuan dan strategi yang tepat serta memahami target pasar adalah senjata terampuh yang bisa Anda miliki.

 

Anda tidak melakukan proofread caption

Hal ini dapat terjadi pada kita, dan siapapun. Tetapi yang satu ini dapat membuat Anda dengan mudah kehilangan followers dan kredibilitas untuk bisnis dan brand Anda. Hal ini juga dapat merugikan laba Anda dalam hal penjualan. Kebanyakan orang tidak akan mempercayai perusahaan yang tidak dapat menggunakan tata bahasa yang tepat, dan terus-menerus salah mengeja atau menggunakan kata-kata yang salah. Hal tersebut dapat mencerimkan tingkat profesionalitas dari perusahaan Anda. Untuk itu selalu cek kembali kata demi kata yang akan Anda tampilkan di media sosial Anda.

Tidak menggunakan DM Instagram secara maksimal

Anda tidak melakukan proofread caption

Begitu banyak orang yang melewatkan kesempatan ini untuk menjalin hubungan nyata dengan beberapa followersnya. Dengan memanfaatkan DM Instagram, kesempatan Anda untuk melakuka pendekatan pada calon konsumen akan terasa lebih eksklusif dan personal.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Post Views: 228