Jadi, Apakah Anda Butuh Business Plan?

Business Plan adalah panduan tentang bagaimana Anda berencana untuk membuat atau mengembangkan bisnis. Business Plan akan menangani setiap area bisnis Anda terutama yang terkait dengan pengeluaran dan pendapatan. Business Plan ini digunakan untuk menunjukkan nilai dan profitabilitas ide Anda dan pendekatan untuk bisnis Anda.

Berdasarkan penjelasan sebelumnya, sudah dapat diketahui bahwa memiliki Business Plan akan sangat menguntungkan untuk Anda sebagai pemilik bisnis. Dengan Business Plan, Anda bisa mengetahui bagaimana Anda ingin bisnis Anda ke depannya, masalah keuangan, dan lainnya yang mungkin akan Anda hadapi di masa depan. Business Plan juga membantu Anda untuk lebih siap menghadapi masalah yang akan datang menyerang bisnis Anda.

Jadi, apakah Anda membutuhkan Business Plan?

Jawabannya adalah ya, Anda sangat memerlukan Business Plan. Business Plan menjadi sangat penting untuk Anda, pemilik bisnis, karena Business Plan dapat memberikan penjelasan tentang bisnis Anda pada para calon investor. Ya, jika Anda ingin mencari investor, pasti mereka akan menanyakan tentang Business Plan bisnis Anda. Mau dibawa ke mana bisnis Anda ini dan apa keuntungannya bagi mereka. Bagaimana cara mereka mendapat keuntungan dari membantu bisnis Anda, itu semua ditulis di Business Plan. Dengan Business Plan, bisnis Anda akan lebih mudah dipercaya karena jelas bagaimana masa depan bisnis tersebut. Dan, kalaupun ada masalah, Anda sudah tahu apa yang harus dilakukan karena sudah ditulis di Business Plan tersebut.

Selain itu, Business Plan juga bisa menjadi tempat Anda untuk mendokumentasikan bisnis Anda. Tidak hanya hal-hal trivial tentang bisnis, Business plan juga menjadi tempat penyimpanan portofolio bisnis Anda. Apa saja yang sudah bisnis Anda capai, bagaimana cara mencapai dan hasilnya seperti apa akan direkam dan dimasukkan ke dalam Business Plan. Selain itu, Anda juga bisa mendokumentasikan hal-hal yang sedang dan direncanakan untuk diraih dalam Business Plan. Business Plan pun bisa menjadi alat untuk Anda menjelaskan keadaan bisnis Anda pada orang lain.

Semua itu bisa Anda dapatkan dari Business Plan dengan mudah. Jadi, tentu menguntungkan untuk Anda membuat sebuah Business Plan karena efeknya akan berjangka panjang. Kuncinya adalah Anda tahu dan mematuhi beberapa hal saat membuat Business Plan. Yang paling utama dan penting adalah Anda harus tahu terlebih dahulu semua aspek di dalam bisnis Anda. Singkatnya, kenali bisnis Anda lebih jauh. Apa yang ingin Anda raih dengan bisnis Anda dan bagaimana Anda mendapatkannya harus jelas. Tidak bisa sebuah Business Plan dibuat jika Anda sendiri tidak tahu tentang bisnis Anda. Hasilnya tidak akan baik dan terkesan tidak siap. Jadi, sebelum membuat Business Plan, pastikan Anda mengetahui dasar-dasar bisnis Anda sendiri.

Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah mencari saran dari ahli. Anda mungkin tidak ahli dalam hal bisnis itu sendiri, Anda hanya tahu tentang produk dan menjualnya. Oleh karena itu, Anda membutuhkan saran dari ahli. Anda bisa berkonsultasi dengan ahli mengenai Business Plan. Mereka akan bersedia menjawab untuk Anda dan memberikan saran yang akan sangat berguna untuk Anda dan bisnis Anda ke depannya. Tidak bisa dipungkiri memang tidak semua memiliki jawaban yang sama bahkan tekniknya pun berbeda. Oleh karena itu, Anda bisa meminta saran minimal dari lima ahli dan menjadikan satu kelimanya dengan menyesuaikan kebutuhan Anda.

Setelah mengetahui Business Plan adalah hal yang benar-benar penting untuk ditulis di cacatan pribadi untuk kemudian dilaksanakannya, Anda pasti sangat ingin membuatnya. Namun, mungkin Anda tidak tahu harus memulainya dari mana. Tidak perlu khawatir karena Anda bisa berkonsultasi lebih lanjut dengan Social Media Specialist kami mengenai Business Plan dengan menghubungi Monelo di 085887582702 atau email ke monelosmm@gmail.com dan kami akan membantu Anda untuk meningkatkan kualitas bisnis Anda di media sosial yang dibutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Post Views: 297