Ganti Jenis Usaha, Perlu Ganti Akun Juga Nggak, Ya?

Fenomena bisnis online kian marak pada saat ini, ditambah lagi dengan kebutuhan untuk mengakses internet yang makin hari semakin tinggi, hal tersebut membuat hampir seluruh orang menjadikan internet sebagai kebutuhan pokok mereka. Tak berbeda juga dengan pelaku bisnis online. Banyaknya pilihan macam platform yang bisa digunakan untuk menjalankan bisnis semakin memudahkan pelaku bisnis untuk melebarkan sayapnya, salah satunya di Instagram. Instagram merupakan salah satu media yang paling banyak digunakan oleh pelaku bisnis untuk memasarkan produknya secara online. Saat ini, instagram tidak hanya menjadi media yang digunakan untuk membagi foto atau video, namun juga bisa digunakan sebagai media berjualan digital yang yang terbilang cukup efektif.

Ada banyak sekali pelaku bisnis yang mengembangkan bisnisnya di instagram. Dikutip dari tempo.co, terhitung hingga bulan November lalu, ada sekitar kurang lebih 25 juta akun komunitas bisnis di instagram, sebagian besarnya merupakan UMKM. Angka tersebut membuktikan bahwa melebarkan sayap di instagram merupakan salah satu cara yang terbilang cukup efektif dan patut dicoba oleh pelaku bisnis.

Seiring berjalannya waktu, trend dan kebiasaan orang-orang akan berubah. Begitu pula dengan permintaan konsumen. Jika hal tersebut terjadi, maka akan ada kemungkinan bahwa Anda dan banyak pelaku bisnis lainnya pun akan beralih usaha ke jenis usaha yang lain yang  sesuai dengan target pasar pada waktu itu. Nah, jika hal itu terjadi, apakah yang harus Anda lakukan? Apakah Anda harus membuat akun isntagram baru? Atau cukup pakai akun Anda yang sebelumnya saja?

Sebenarnya, tidak ada jawaban yang pasti dalam menjawab pertanyaan tersebut, namun ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskannya. Jika Anda memutuskan untuk beralih jenis usaha, hal yang sebaiknya Anda lakukan yaitu membuat akun instagram baru. Kenapa sebabnya? Karena jika Anda tidak mengganti akun, maka audiens yang ada pada akun tersebut akan berbeda dengan jenis usaha Anda yang baru. Tidak hanya audiens yang berbeda, namun tagret pasar Anda pun menjadi berbeda. Misalnya, jika sebelumnya akun Anda menjual makanan, namun suatu hari Anda memutuskan untuk beralih usaha menjadi seorang desain grafis, dan Anda menggunakan akun bisnis makanan tersebut menjadi akun untuk Anda menaruh portofolio desain Anda, maka target marketing dan audiens yang ada pada akun tersebut berbeda. Akan ada ketidakcocokan atara audiens yang terdapat pada akun Anda sebelumnya dengan produk/jasa yang Anda tawarkan saat ini.

Jika sebelumnya followers Anda mengikuti akun Anda karena mereka memang suka dan ingin membeli makanan yang Anda jual, namun saat akun tersebut beralih menjadi akun desain grafis, maka mereka tidak berminat lagi sehingga kemungkinan besar mereka akan meng-unfollow akun Anda. Untuk itu mengganti akun instagram jika berlalih jenis usaha itu perlu.

Di samping itu semua, satu hal yang tak kalah penting juga adalah pengelolaan media sosial itu sendiri. Dengan mengelola media sosial bisnis Anda dengan tepat, Anda dapat mendapatkan keuntungan yang opimal. Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan pada akun instagram bisnis Anda:

Buatlah visual yang menarik

Visual merupakan fokus utama yang digunakan dalam berjualan di instagram. Dengan visual yang bagus dan menarik, maka orang yang melihat akan tertarik dan ingin tahu lebih lanjut mengenai produk yang Anda tawarkan.

Gunakan Tagar

Tagar bisa diibaratkan menjadi sebuah “kata kunci” yang akan memudahkan pengguna dalam menemukan produk Anda. Dengan menggunakan tagar yang tepat,  maka akan membuat produk Anda semakin dikenal di instagram.

Unggah Testimoni

Hal yang utama dalam menjalankan bisnis adalah kepuasan pelanggan. Konsumen juga berhak untuk mengetahui kualitas dari produk yang Anda tawarkan sebelum memutuskan untuk membelinya. Nah, untuk meraih kepercayaan konsumen agar bersedia membeli produk yang Anda jual, ada baiknya jika Anda mengunggah testimoni dari pelanggan-pelanggan Anda sebelumnya. Dengan begitu Anda juga dapat menjalin interaksi dengan para pelanggan.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar pengelolaan media sosial, atau Anda tidak memiliki waktu untuk melakukan hal tersebut, Anda bisa menghubungi Monelo.id, kami akan senantiasa membantu dan mengembangkan bisnis Anda. Hubungi Monelo di Monelosmm@gmail.com atau kunjungi instagram kami di @monelo.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Post Views: 353