Cara mengaudit social media

Social media sudah berperan sangat penting bagi suatu perusahaan. Mulai dari usaha kecil sampai besar pasti sudah menggunakan social media sebagai media komunikasi dan promosi. Namun apakah kinerja dari social media mereka berhasil dan efektif? Audit social media adalah jawabannya. Tidak hanya masalah finansial yang bisa di audit, social media juga bisa loh buat di audit.

Audit social media digunakan  untuk melihat apakah strategi media sosial yang sudah dijalankan sukses sebagai alat pemasaran atau tidak. Lalu bagaimana caranya? Yuk kita bahas.

  1. Membuat sebuah list
    listlah semua platform social mediamu (termasuk platform yang lama) dengan cara login. Gunakan www.knowem.com untuk cek platfroms lama mu.
  2. Menghapus account yang lama
    hapus semua platform yang tidak digunakan. Tentunya kamu tidak ingin brand kamu rusak oleh platform yang kosong atau yang lama.
  3. Cek konsistensi
    periksa platform anda dan sesuaikan gambar profil, nama, warna, dan cover foto yang sesuai
  4. Cek kualitas
    periksa profil yang lengkap dan terbaru. Periksa konten berkualitas yang ada di setiap platform. Pastikan hal itu dilakukan dengan baik karena dapat membawa suatu penilaian kepada platformmu.
  5. Mengukur hasil
    list semua metric yang anda gunakan untuk mengevaluasi hasil pada setiap platform anda selama 3 bulan terakhir. Contoh: shares, clicks, views, mention, dll. Tentukan waktu mana yang merupakan waktu posting terbaik. Bandingkan hasilnya dengan biaya yang dikeluarkan untuk posting.
  6. Analisis influencer
    lihatlah 3 sampai 5 dari konten influencer favorit anda. Lihat apa yang anda suka dari feed mereka dan lihat konten apa yang paling banyak mendapatkan engagement.

Dalam melakukan promosi dan komunikasi dalam social media, audit adalah hal yang penting untuk suatu usaha karena  dapat mengetahui tingkat keberhasilan usaha anda di dunia social media. Dari audit social media, anda dapat mengetahui apa saja aktivitas yang dilakukan selama seminggu atau sebulan terakhir, bagaimana hasilnya, siapa saja yang terlibat di dalam engagement, serta analisis kesuksesan iklan Anda.

Audit social media ini sangat penting untuk memastikan segala usaha Anda di media sosial untuk pemasaran benar-benar membawa hasil. Ingatlah untuk segera menerapkan hasil audit social media dan hasil Anda di masa mendatang harus menjadi dasar dari audit berikutnya.

Leave A Comment