5 Kesalahan Online Shop yang Harus Dihindari

Di zaman yang serba canggih saat ini, internet telah menjadi suatu kebutuhan yang tidak bisa lepas dari keseharian kita. Dengan adanya internet, segala sesuatunya dapat dilakukan dengan mudah, termasuk berbelanja online. Kecanggihan teknologi saat ini sudah termasuk kedalam sistem bisnis dan keuangan. Untuk itulah online shopping atau berbelanja secara online tumbuh dengan pesat. Karena persaingan bisnis yang ketat, kita justru tidak ingin bisnis yang sedang dijalani kalah saing dan menjadi bangkrut. Nah, untuk itu, Anda harus menghindari 5 kesalahan yang online shop sering lakukan. Kesalahan yang pertama adalah,

Kurang Aktif
Konsistensi merupakan salah satu aspek terpenting dalam menjalankan sebuah bisnis. Mengapa hal tersebut penting? Karena dengan konsistensi, peluang produk yang kita tawarkan akan lebih luas untuk dikenal oleh banyak orang. Kurang aktifnya akun bisnis Anda akan mengakibatkan produk yang Anda tawarkan tidak muncul di beranda followers Anda, sehingga mereka tidak mengetahui tentang keberadaan produk Anda.

Posting Berlebihan
Kurang aktif memposting konten memang menjadi salah satu kesalahan yang seringkali dilakukan oleh penjual online. Namun posting secara berlebihan juga dapat menjadi salah satu kesalahan. Jika hal ini dilakukan secara terus menerus maka yang akan terjadi adalah followers Anda akan merasa terganggu. Hal itu akan memicu mereka untuk meng-unfollow akun bisnis Anda. Sebaiknya buatlah jadwal posting konten sesuai dengan jam-jam yang efektif, misalnya saat sore hari dimana biasanya pada saat itu orang-orang sedang bersantai.

Spam Komen
Poin yang satu ini masih sering dijumpai di Instagram. Jika akun bisnismu selalu melakukan promosi ke akun Instagram lain secara sering, maka mulai saat ini hal tersebut harus dihentikan, karena hal itu akan membuat seseorang yang memiliki akun tersebut menjadi risih, bahkan malah terganggu. Akibatknya akun bisnis Anda bisa kena report as spam.

Tidak Menampilkan Deskripsi Produk
Deskripsi produk biasanya ditulis di caption postingan Instagram. Hal tersebut bertujuan untuk menjelaskan detail produk yang sedang ditawarkan. Deskripsi produk juga berguna untuk menggambarkan kondisi produk yang meliputi beberapa aspek. Jika deskripsi produk tidak dicantumkan, maka calon pembeli tidak bisa mengetahui detail dan keterangan dari produk yang sedang Anda tawarkan. Akibatnya, banyak calon pembeli yang ‘balik kanan’ dan berpaling pada online shop lain yang memiliki deskripsi produk yang jelas. Saat menawarkan suatu produk, usahakan untuk menulis deskripsi produk dengan lengkap supaya konsumen paham akan produk yang Anda jual.

Beli Followers
Memiliki followers banyak tentu saja dapat mendatangkan keuntungan tersendiri bagi para pelaku bisnis online shop. Namun bagaimana jadinya jika followers yang banyak itu merupakan followers palsu? Apakah hal tersebut masih menguntungkan? Jawabannya tentu saja tidak! Membeli followers tidak disarankan bagi pelaku bisnis online shop, karena followers palsu dapat mencampuri nilai data marketing. Hal tersebut akan mengakibatkan data pemasaran bisnis Anda memberikan data yang tidak akurat dan tidak relevan. Sebagai pelaku bisnis, tentu saja kita harus mengetahui data marketing secara akurat agar tetap bisa mendeteksi traffic pada online shop kita.

Oleh karena itu, hindarilah 5 kesalahan yang biasanya dilakukan oleh online shop, dan jadikan hal tersebut sebagai pelajaran berharga agar kedepannya online shop yang sedang dijalani dapat berkembang, maju dan suskses. Tentunya untuk mewujudkannya pasti diperlukan maintenance jangka panjang, serta harus diimbangi dengan strategi marketing yang tepat, untuk itu Anda bisa mengunjungi Monelo.id di Apartemen Grand Emerald, Jl. Pegangsaan Dua No.3, Pegangsaan Dua, Kec. Kelapa Gading, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250. Atau bisa juga melalui email di monelosmm@gmail.com.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Post Views: 293