5 Peluang Bisnis yang Cocok Dilakukan Saat Pandemi

5 Peluang Bisnis yang Cocok Dilakukan Saat Pandemi

Pandemi COVID-19 adalah salah satu pandemi terburuk sepanjang sejarah Indonesia. Pandemi ini mampu melumpuhkan perekonomian karena diterapkannya PSBB hingga hampir sepenuhnya Lockdown. Hal ini menyebabkan banyak sekali masyarakat di Indonesia yang finansialnya menjadi goyah hingga benar-benar tidak dapat memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari karena tidak adanya pemasukkan. Tak jarang, saking putus asanya, mereka memilih untuk melakukan hal-hal yang melanggar hukum seperti mencuri untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Namun, jika ditelisik lebih lanjut, sebenarnya ada bisnis-bisnis yang masih bisa dilakukan saat sedang pandemi. Terutama pekerjaan yang hanya membutuhkan koneksi internet alias pekerjaan daring. Seperti apa contohnya?

Coaching atau Pelatihan

Sumber: https://trgcoaching.com/

Coaching atau pelatihan adalah pekerjaan yang marak dilakukan banyak orang di tengah pandemi. Pelatihan-pelatihannya pun dilakukan secara daring melalui grup Whatsapp atau menggunakan aplikasi rapat daring seperti Zoom dan Google Meet. Sehingga, pelatihan daring ini sangat cocok dilakukan saat pandemi yang tidak membutuhkan penontonnya untuk berada di tempat yang sama dengan pelatihnya. Pelatihan yang dilakukan pun sangat beragam. Mulai dari pelatihan menulis sampai pelatihan tentang trading. Tentu saja, jika ingin melakukan pekerjaan ini harus memiliki dasar yang baik tentang pelatihan yang akan dilakukan. Jangan sampai asal melakukan pelatihan namun dasarnya masih belum menguasai.

Makanan atau Minuman Herbal

Sumber: https://hellosehat.com/

Indonesia terkenal dengan makanan dan minuman herbalnya seperti jamu yang ampuh meningkatkan imun tubuh. Oleh karena itu, semenjak pandemi dimulai, banyak sekali pabrik rumahan yang mulai memproduksi minuman maupun makanan herbal untuk memperkuat tubuh. Ditambah pejabat-pejabat pun ikut menyarankan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman herbal demi kesehatan. Jadi, tentu saja pelaku bisnis ini memiliki keuntungan besar di era pandemi seperti ini.

Jual Beli Makanan

Sumber: https://resepkoki.id/

Pandemi juga menyebabkan banyak sekali bisnis-bisnis makanan seperti warteg merugi karena tidak adanya pembeli. Namun, hal itu bisa disiasati dengan cara memasarkannya secara online. Pelaku bisnis warteg bisa memberikan nomor telepon mereka kepada tetangga dan membuka layanan pesan antar untuk mereka yang ingin memesan makanan. Jadi, pembeli tidak perlu keluar rumah. Cukup menelepon dan memesan lalu diantarkan ke rumahnya. Lebih efektif lagi jika pembayaran pun melalui layanan dompet virtual seperti OVO, DANA, GOPAY, dan lainnya untuk menerapkan protokol kesehatan yang baru.

Masker dan Pelindung Wajah

Sumber: https://geekyviews.com/

Masker adalah salah satu barang yang wajib sekali digunakan saat ini. Bahkan, harga masker benar-benar bisa melambung hingga puluhan kali lipat karena langkanya stok barang. Begitu juga pelindung wajah atau yang lebih dikenal sebagai Face Shield. Jadi, dengan menjadi penjual alat pelindung wajah dan masker, tentu akan berguna sekali untuk masyarakat. Masker pun bisa dibuat sendiri di rumah dengan tutorial yang beredar luas melalui Youtube.

Kebutuhan Sehari-Hari via Daring

Sumber: https://cloudinary.com/

Kalau Anda punya toko kelontong atau toserba, mungkin Anda ingin mencoba menambahkan opsi pembelian dalam jaringan atau online. Dengan berjualan online, selain bisnis Anda tetap berjalan, bisnis Anda pun akan semakin berkembang luas karena pembelinya tidak hanya dari lingkungan Anda saja. Anda bisa berjualan via e-Commerce seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan sebagainya. Atau, Anda juga bisa memasarkannya lewat media sosial mainstream seperti Instagram, Twitter dan Facebook.

Sebagian besar pekerjaan yang bisa dikerjakan selama pandemi dan New Normal adalah pekerjaan yang membutuhkan media sosial sebagai tempat pemasarannya. Nah, jika Anda ingin tahu atau bertanya lebih lanjut tentang pemasaran melalui media sosial, Anda bisa menghubungi Monelo di 085887582702 atau email ke monelosmm@gmail.com.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.