3 Hal Ini Wajib Dikuasai Oleh Customer Service

Semua perusahaan pasti menginginkan pelanggannya mendapatkan yang terbaik, baik itu dari segi hasil kerja, maupun dari segi pelayanan. Untuk itu diperlukan skill yang mampu mewujudkan hal tersebut. Kepuasan pelanggan tidak hanya ditentukan oleh hasil akhir dari kerja yang Anda lakukan, namun perlu digarisbawahi juga bahwa kepuasan pelanggan menjadi salah satu  hal yang sangat penting bagi kelangsungan bisnis Anda. Mengapa demikian? Karena jika pelanggan Anda merasa puas dengan hasil kerja serta pelayanan yang Anda berikan, maka kemungkinan besar mereka akan melakukan repeat order. Selain itu, jika pelanggan mendapatkan pengalaman yang baik dan berkesan setelah bekerjasama dengan bisnis Anda, kemungkinan mereka untuk merekomendasikan bisnis Anda pada rekan mereka yang lainnya, sehingga usaha yang Anda jalani dapat diketahui oleh banyak orang, dan reputasi bisnis Anda akan baik di mata calon pelanggan Anda.

Namun, lain halnya jika pelayanan yang diberikan buruk. Meskipun hasil kerja yang diterima cukup baik, namun jika pelayanan yang diterima tidak mengenakan di hati pelanggannya, maka pelanggan tersebut akan bercerita pula pada rekannya bahwa pelayanan yang mereka dapatkan dari bisnis Anda buruk. Hal tersebut tentunya menjadi sebuah mimpi buruk bagi setiap bisnis. Untuk itu pentingnya memahami bagaimana cara menjadi customer service yang baik merupakan hal wajib yang harus Anda ketahui agar dapat mengantisipasi kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi.

Menguasai Komunikasi Persuasif
Dalam melayani pelanggan, modal utama yang paling penting yaitu bisa berkomunikasi dengan baik. Komunikasi yang lancar dan jelas akan membuat pelanggan yakin bahwa bisnis yang Anda miliki kompeten dan dapat dipercaya. Sebagai seorang customer service yang baik, sebaiknya Anda mampu untuk meyakinkan dan mengajak customer Anda untuk melakukan order pada perusahaan Anda, selain itu Adna juga harus bisa berbicara dengan sopan, halus, ramah, dan yang paling penting adalah jelas agar pelanggan yang sedang kita ajak bicara menjadi nyaman dan mudah untuk mengerti dengan penjelasan kita. Anda juga harus bisa menggunakan bahasa yang positif meskipun ada pernyataan yang bertolak belakang dengan ekspektasi customer. Anda harus belajar untuk mengganti kosakata tersebut agar lebih terdengar positif dan tidak membawa kekecewaan mendalam bagi customer.

Product Knowledge
Product knowledge atau menguasai produk yang dijual juga menjadi modal utama yang paling penting kedua setelah komunkasi. Hal ini merupakan hal yang sangat penting bagi para customer service. Mengapa demikian? Karena jika ada pelanggan yang melakukan komplain atau menanyakan tentang produk yang kita jual, kita bisa menjelaskannya dengan mudah dan tidak berbelit-belit. Setelah Anda menguasai komunikasi persuasif, Anda dapat dengan mudah memasukan product knowledge yang Anda miliki untuk mengajak pelanggan untuk melakukan order di perusahaan Anda. Jika penyampaian materi produk pada klien sudah cukup meyakinkan, maka akan lebih mudah bagi tim di dalam untuk melakukan pendekatan agar kesepakatan yang menguntungkan kedua pihak bisa terjadi.

Berikan Janji yang Pasti
Sebagai customer service yang baik, Anda harus bisa menepati semua pernyataan yang diberikan pada calon pelanggan. Jika perusahaan Anda tidak mampu memberikan ataupun memang tiak menyediakan pelayanan yang diminta oleh pelanggan, jangan sekali-kali berbohong dan mengatakan bahwa Anda mampu memenuhinya. Karena jika hal tersebut tidak sesuai dengan keinginan pelanggan, hal tersebut akan membuat pelanggan Anda kecewa. Jika Anda mengingkari janji dengan pelanggan, maka kepercayaan mereka terhadap Anda dan perusahaan Anda pasti akan sangat menurun, bahkan bisa menyebabkan pelanggan tidak mau lagi berlangganan dengan perusahaan Anda.

Setelah Anda menguasai semuanya, kemudian berikanlah yang terbaik yang bisa Anda berikan. Memberikan yang terbaik untuk pelanggan adalah salah satu yang terpenting bagi seorang customer service. Memberikan yang terbaik bagi pelanggan juga bisa menaikan kepuasan pelanggan pada perusahaan Anda sehingga pelanggan juga tidak akan ragu untuk menjadikan perusahaan Anda sebagai rekomendasi untuk di tunjukan kepada temannya yang lain.

Leave A Comment

Post Views: 229