10 Tools untuk Manajemen Aset Digital Usaha

Banyak data artinya akan ada banyak aset. Untuk brand yang berurusan dengan jumlah dokumentasi, deskripsi produk, video, episode podcast, dan lainnya, sistem manajemen aset digital tetap relevan seperti sebelumnya. Faktanya, menurut sebuah studi oleh Research and Markets, pasar manajemen aset digital global diperkirakan bernilai $5,21 miliar pada tahun 2020.

Apa itu Manajemen Aset Digital? Manajemen aset digital perusahaan memungkinkan organisasi yang berurusan dengan konten media untuk membuat, mengelola, mengarsipkan, menggunakan kembali, dan memanipulasi aset media digital seperti gambar, video, dan dokumen. Manajemen Aset Digital mengatur aset digital dengan menetapkan metadata yang berisi deskripsi unik untuk setiap aset, membuatnya lebih mudah dicari, difilter, dan dikelola.

Keberadaannya tentu akan sangat menguntungkan bagi perusahaan karena tidak perlu repot mencari-cari konten tersebut. Oleh karena itu, ada beberapa tools atau alat yang akan sangat membantu mengelola aset-aset ini.

1. Adobe Digital Asset Management

Sumber: https://amazonaws.com/

Adobe DAM memungkinkan Anda mengelola semua konten dan aset digital di satu platform. Adobe juga bekerja untuk merampingkan proses yang akan memungkinkan pemasar dan materi iklan untuk bekerja sama secara lebih efektif. DAM juga dilengkapi dengan kemampuan AI dan wawasan berbasis data untuk mengidentifikasi konten mana yang mencapai ROI tinggi.

2. Aprimo

Sumber: https://prnewswire.com/

Aprimo bertindak sebagai gudang aset yang dapat mengotomatiskan pengiriman konten yang disetujui dan sesuai. Muncul dengan kemampuan ideation yang membantu merampingkan ide konten dan proses perencanaan konten. Selain itu, Anda dapat menghubungkan Aprimo ke sistem pihak ketiga seperti WCM, eCommerce, Adobe Creative Cloud, CRM, ERP, PIM, dan PLM.

3. Bynder

Sumber: https://www.inriver.com/

Bynder memanfaatkan layanan global AWS untuk memungkinkan skalabilitas dan kinerja. Bynder menerbitkan fitur sesuai permintaan yang memberi pengguna akses ke template pintar yang membantu membuat materi bermerek seperti kartu nama, iklan, dan spanduk. Bynder juga hadir dengan alur kerja intuitif yang dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan organisasi individu.

4. Canto

Sumber: https://www.gartner.com/

Canto hadir dengan interface bergaya galeri tempat Anda dapat melihat konten visual. Anda dapat menentukan peran pengguna oleh admin, kontributor dan konsumen dan setiap peran dilengkapi dengan izin dan kemampuan yang telah ditentukan sebelumnya. Dashboard admin mudah digunakan dan Anda dapat menjalankan berbagai laporan untuk melihat konten mana yang berkinerja baik.

5. CELUM

Sumber: https://www.inriver.com/

Solusi CELUM DAM menyediakan platform tempat pengguna dapat mengunggah, menelusuri, mengelola, dan berbagi file. Fitur work-in-progress memungkinkan Anda mengotomatiskan dan melacak proses kreatif melalui manajemen versi dan tugas. CELUM DAM sepenuhnya dapat diintegrasikan dan dapat dengan mudah terhubung ke sistem lain.

6. Cloudinary

Sumber: https://cloudinary.com/

Platform Cloudinary DAM memiliki kemampuan AI yang dapat membantu Anda dalam menandai aset. Anda dapat mengatur fitur penandaan otomatis berdasarkan warna, objek dan pengenalan wajah. Aset yang disimpan di DAM juga dapat diubah secara real-time.

7. Digizuite

Sumber: https://getapp.sg/

Digizuite DAM didasarkan pada Microsoft Azure dan AWS. Digitzuite telah menjadikan keamanan sebagai “prioritas tertinggi” mereka. Informasi rahasia diamankan dan dikendalikan dengan akses yang ditingkatkan dan kontrol izin. Selain itu, Digizuite menawarkan integrasi standar ke aplikasi yang umum digunakan seperti Microsoft Office, Sitecore, dan layanan integrasi API terbuka.

8. Extensis

Sumber: https://www.qbssoftware.com/

Extensis memiliki fitur yang dikenal sebagai “Flexible Organization” di mana Anda dapat menentukan beberapa katalog dan folder yang memenuhi kebutuhan organisasi Anda. Fitur pencarian seperti Google yang prediktif dapat membantu mempercepat proses pencarian dalam hitungan detik. Fungsi pencarian juga secara otomatis menyimpan pengaturan pencarian dan memberikan metadata kepada mereka untuk membuat galeri pintar dengan pengaturan pencarian tersebut.

9. Image Relay

Sumber: https://vimeocdn.com/

Dengan Image Relay, Anda dapat membuat profil untuk berbagai aset Anda. Profil dapat menangkap detail unik setiap file termasuk jenis produk, format, dan kampanye yang ditetapkan. Image Relay juga dilengkapi dengan fitur di mana Anda mengontrol kosakata untuk membantu menjaga konsistensi di seluruh merek (misalnya 3D bukan 3-D).

10. MediaValet

Sumber: https://appsource.microsoft.com/

MediaValet memungkinkan Anda mengunggah file media besar (hingga 5 TB / file) dengan aplikasi unggahan berkecepatan tinggi dan aman. Materi iklan dapat menggunakan ‘Creative Room‘ untuk mengerjakan aset yang disimpan di DAM melalui aplikasi asli (mis. InDesign, Illustrator, PhotoShop). Fitur “Creative Room” adalah aplikasi campuran yang dibuat khusus untuk materi iklan untuk berkolaborasi pada aset yang sedang dikerjakan secara bersamaan.

Memanajemen aset digital akan sangat berguna bagi usaha. Oleh karena itu, menggunakan alat manajemen membantu Anda untuk mengaturnya. Namun, mungkin Anda masih bingung untuk cara penggunaannya. Tidak perlu khawatir karena Anda bisa berkonsultasi lebih lanjut dengan Social Media Specialist kami mengenai Aset Digital secara keseluruhan dengan menghubungi Monelo di 085887582702 atau email ke monelosmm@gmail.com dan kami akan membantu Anda untuk meningkatkan kualitas bisnis Anda di media sosial yang dibutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Post Views: 406