10 Tool Gratis Untuk Mengoptimalkan Marketing Anda

Marketing berperan untuk mempromosikan bisnis dan produk yang dihasilkan oleh bisnis tersebut, baik berupa barang maupun jasa. Tujuannya adalah agar masyarakat sebagai target konsumen dari bisnis tersebut dapat mengenal produk yang ditawarkan oleh perusahaan dan meningkatkan laba bisnis dengan meningkatkan potensi penjualan. Pentingnya marketing bagi suatu bisnis adalah sebagai media untuk meningkatkan penjualan, meningkatkan brand awareness, membangun reputasi perusahaan, serta sarana edukasi pelanggan. Berikut ini akan kami rangkum 10 tool gratis yang dapat Anda gunakan untuk mengoptimalkan marketing serta kinerja atau task management dalam bisnis Anda.

 

Buffer

Buffer beguna untuk menjadwalkan posting media sosial dan analisis kinerja. Desain buffer yang sederhana membuat user mudah untuk membuat scheduling dan posting konten. Tampilan user interface Buffer terkesan bersih, sederhana dan mudah dimengerti hanya dengan sekilas melihatnya. Buffer juga dapat memendekkan link Anda yang panjang dan menyediakan analytics yang akan membantu Anda. Harga yang ditawarkan oleh tools ini nermacam-macam sesuai dengan kebutuhan. Ada paket Awesome seharga $10 per bulan untuk perorangan, sedangka untuk agency atau perusahaan ada 3 paket yaitu small $99 per bulan, medium $199 per bulan dan large $399 per bulan.

 

Hootsuite

Hootsuite adalah tool yang cukup popular di kalangan digital marketer untuk mengelola posting di media sosial. Tool yang berbasis website ini terhubung dengan berbagai media sosial seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, FourSquare maupun WordPress. Tool ini menawarkan kemampuan untuk:

-Mempublikasikan dan jadwal konten, termasuk auto-chedulling

-Riset dan mengidentifikasi konten yang menarik

-Terlibat dengan komunitas

-Melihat banyak aspek tentang interaksi di media sosial dengan multi stream view

-Melihat progres dan analisis konten yang Anda posting

 

Trello

Dilansir dari situs resminya, Trello adalah sebuah aplikasi manajemen tugas atau task management. Aplikasi ini bisa diibaratkan sebuah papan tulis kosong di ruangan. Lewat Trello, papan tulis itu ditempeli sticky notes yang berisi tugas, tenggat waktu, data, serta dokumen-dokumen yang mendukung. Tak hanya itu, papan tulis tadi juga bisa Anda bawa ke mana pun Anda pergi, karena Trello bisa di-install di Mac dan Windows. Anda juga bisa menggunakan Trello di Android dan iOS milik Anda. Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis dengan fitur terbatas. Jika Anda ingin menggunakannya dengan lebih lengkap,  Anda dapat membayarnya dimulai dari 9,99 dolar AS per bulan, hingga 592 dolar AS per bulan.

 

Slack

Slack adalah aplikasi project management yang juga bisa digunakan sebagai alat komunikasi, di mana dengan satu alat ini, Anda bisa menggunakannya untuk berkirim pesan hingga dokumen. Slack tidak hanya memungkinkan Anda untuk melakukan koordinasi lewat ruang obrolan saja, tetapi juga melakukan banyak hal lewat adds-in tools yang tersedia di Slack. Walau begitu, ada dua fungsi utama yang dapat Anda manfaatkan saat menggunakan Slack. Pertama, berkomunikasi lewat channel atau grup chat, dan kedua yaitu direct message atau personal chat.

 

SpyFu

SpyFu bisa menjadi pilihan bagimu untuk menganalisis strategi SEO dari kompetitor Anda. Dengan menggunakan keyword tools ini, Anda bisa mendapatkan keyword yang tepat sehingga dapat meraup keuntungan besar dari keyword tersebut. Tidak hanya itu, SpyFu juga menunjukkan kepada Anda ranking seberapa sulit keyword tertentu serta perubahan ranking dari waktu ke waktu.

 

Moz Keyword Explorer

Keyword tools yang satu ini tentu sering kali Anda dengar, terlebih bagi Anda yang sedang menggiati dunia SEO saat ini. Lewat Moz, Anda bisa menemukan berbagai pilihan keyword yang sangat cocok untuk digunakan, entah untuk mengalahkan kompetitor ataupun menaikkan ranking kontenmu di halaman Google. Dengan menggunakan Moz, Anda akan mengetahui beberapa hal, yaitu: mendapatkan saran dari keyword terkait, CTR organik dan skor prioritas untuk menargetkan keyword dengan tepat dan lain sebagainya. Moz menyediakan masa percobaan selama satu bulan gratis yang bisa Anda gunakan. Dalam sebulan, Anda bisa mendapatkan 10 query gratis.

 

Grammarly

Tool ini dipakai oleh hampir 20 juta pengguna internet. Grammarly gratis dan mudah diinstall. Setelah ekstensinya dipasang ke browser, indikatornya akan muncul di sudut kanan bawah editor text. Anda akan tahu berapa banyak kesalahan tata bahasa yang dibuat. Setiap kata yang penulisannya salah akan ditandai dengan garis merah. Untuk memperbaikinya, cukup arahkan kursor ke kata tersebut. Kalau Anda ingin Grammarly mengecek hal lain selain tata bahasa dan tanda baca, Anda bisa memanfaatkan Grammarly text editor. Untuk mengunakan Grammarly text editor, Anda harus berlangganan Grammarly Premium. Biayanya sebesar 29.95 USD/bulan untuk paket bulanan, 19.98 USD/bulan untuk paket tiga bulan, dan 11.66 USD/bulan untuk paket tahunan.

 

Wix

Website builder populer yang satu ini merupakan platform berbasis cloud yang bisa digunakan untuk membuat website. Tidak perlu paham coding, pengguna website builder ini akan bisa segera mendapatkan website idamannya dengan mudah. Pasalnya, Wix memiliki tools yang ramah pengguna karena hanya perlu melakukan drag and drop untuk memodifikasi website seperti yang diinginkan. Dalam situs resminya, Wix menyatakan bahwa mereka memiliki teknologi canggih sehingga bisa memungkinkan semua orang untuk mendapatkan website yang profesional dan fungsional. Kelebihan yang dimiliki Wix di antaranya adalah: memiliki template website yang beragam, fitur yang mudah digunakan, dilengkapi tools SEO.

 

Crello

Crello adalah layanan editor foto online yang menyediakan alat desain grafis sederhana yang dibuat oleh Depositphotos. Dimana dengan layanan gratis mereka Anda dapat memilih berbagai macam template yang kemudian dapat disesuaikan dengan latar belakang baru, gaya teks, garis, batas, stiker, ikon, dan masih banyak lagi. Crello juga menyediakan plugin gratis untuk mengintegrasikan WordPress dengan Crello dengan plugin yang bernama ‘Create in Crello’. Plugin ini ini akan mengurus semua kebutuhan konten visual Anda, dimana Anda dapat melakukan akses cepat ke editor grafis dengan mudah untuk membuat visual untuk posting blog Anda.

 

Dan yang terakhir adalah Google Alerts

Google Alerts adalah layanan gratis yang dapat mengirimkan hasil penelusuran ke email penggunanya berdasarkan kriteria kata kunci yang diinginkan. Secara sederhana, Google Alerts membantu untuk mencari tahu berita-berita atau artikel dari hasil penelusuran melalui kata kunci yang dipilih oleh pengguna. Keunikan dari layanan ini adalah Anda bisa mengatur notifikasi email dari Google Alerts, mulai dari harian, mingguan, hingga bulanan. Cara kerja Google Alerts ini adalah jika Anda memasukkan kata kunci marketing atau branding ke dalam Google Alerts, kemudian, berita-berita atau artikel terkini yang berhubungan dengan dua kata kunci tersebut akan langsung masuk ke dalam email yang telah Anda daftarkan di Google Alerts.

Itu tadi merupakan 10 tools gratis yang dapat Anda gunakan untuk mengoptimalkan marketing dan kinerja bisnis perusahaan Anda. Anda dapat menggunakan dan menerapkannya pada bisnis Anda sesuai dengan kebetuhuan Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Post Views: 284